Lihat ke Halaman Asli

Yudhistira Widad Mahasena

Designer, future filmmaker, K-poper, Eurofan.

#KINANTI (Kisah Nabi, Selalu Dinanti) Eps. 8: Kisah Nabi Ismail

Diperbarui: 30 Maret 2023   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Bismillahirrahmanirrahim.

Nabi Ibrahim a.s., seorang rasul Ulul Azmi, memiliki seorang anak, yaitu Nabi Ismail a.s. Kita akan membahas kisah hidupnya di #KINANTI (Kisah Nabi, Selalu Dinanti) episode hari ini.

Ismail adalah tokoh dalam Alquran, Alkitab Nasrani, dan Tanakh Yahudi. Dalam Islam, dia dipandang sebagai nabi dan rasul. Ismail merupakan putra pertama dari Nabi Ibrahim a.s. dengan istrinya, yaitu Siti Hajar. Nabi Ismail dikenal sebagai anak yang saleh karena selalu taat akan perintah Allah SWT.

Nabi Ismail a.s. hidup sekitar tahun 1911-1779 SM (sebelum Masehi). Dia tinggal di Amaliq dan berdakwah untuk penduduk Al Amaliq, Bani Jurhum dan Qabilah Yaman. Dalam Alquran, nama Ismail disebutkan sebanyak 12 kali.

Nabi Ismail a.s. adalah moyang Nabi Muhammad SAW. Sementara dari keturunan Nabi Ismail nantinya akan lahir lima belas nabi, salah satunya Nabi Isa a.s. Maka dari itu Nabi Ibrahim dijuluki "Bapak Para Nabi".

Salah satu kisah yang paling sering diceritakan dari masa hidup Nabi Ismail a.s. adalah terjadinya sumur Zamzam. Semua dimulai ketika Nabi Ibrahim a.s. menerima amanat dari Allah SWT untuk mengasingkan Siti Hajar dan Nabi Ismail. Berbekal tekad yang kuat, ketiganya bertolak dari Palestina menuju Kakbah, menembus padang pasar dan teriknya sang mentari yang begitu menyengat.

Karena kehausan, Ismail kecil menangis. Siti Hajar pun berlari-lari tujuh putaran antara Bukit Safa dan Marwah untuk mencari air guna menyelamatkan putranya yang kehausan. Dari situ muncullah sebuah mata air yang kita kenal sebagai sumur Zamzam. Dan peristiwa Siti Hajar berlari-lari tujuh putaran antara Bukit Safa dan Marwah ini kita kenal sebagai sa'i - salah satu rukun haji.

Dalil tentang air zamzam:
"Air terbaik di muka bumi adalah air zamzam. Di dalamnya adalah makanan yang lengkap dan penyembuhan dari penyakit." (HR. Muslim)

Another kisah yang paling sering diceritakan dari zaman Nabi Ismail a.s. adalah awal mula Idul Adha, ketika sang ayah, Nabi Ibrahim a.s., diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya.

Idul Adha adalah salah satu hari besar umat Islam. Idul Adha diperingati untuk mengenang peristiwa ketika Nabi Ibrahim a.s. bersedia mengorbankan putranya untuk Allah SWT, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan seekor domba.

Dalil tentang anjuran berkurban:
"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka bersalatlah karena Rabb-mu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus." (Q.S. al-Kautsar: 1-3)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline