Lihat ke Halaman Asli

Yudhistira Mahasena

Desainer Grafis

Kenali Indonesiamu! Episode 17: Bali, Pulau Dewata dengan Segudang Tradisi

Diperbarui: 16 Oktober 2024   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peta Provinsi Bali. (sumber: Lamudi)

Bismillahirrahmanirrahim.

Serial "Kenali Indonesiamu" kali ini sudah memasuki musim ketiga, yaitu tentang Bali dan Nusa Tenggara. Setelah sebelumnya kita meneroka Pulau Sumatera, pulau terbesar keenam di dunia, dan baru saja kita meneroka Pulau Jawa, pulau dengan penduduk terbanyak di dunia, kita akan melanjutkan perjalanan kita ke tiga provinsi yang dikenal sebagai Sunda Kecil.

Secara kolektif, Sunda Kecil adalah sebutan untuk gugusan pulau-pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa, mulai dari Pulau Bali di barat hingga Pulau Timor di timur. Secara geologis, Kepulauan Barat Daya dan Kepulauan Tanimbar yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Maluku juga termasuk ke dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Di awal kemerdekaan Indonesia, nama Sunda Kecil juga digunakan sebagai nama provinsi tunggal yang mencakup pulau-pulau ini, hingga akhirnya berganti nama menjadi Provinsi Nusa Tenggara pada tahun 1954, yang beribukota di Singaraja. Singaraja kini merupakan ibukota Kabupaten Buleleng di Bali.

Pada tahun 1975, wilayah ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara di bagian timur Pulau Timor diintegrasikan ke dalam negara Indonesia menjadi Provinsi Timor Timur (Timor Leste sekarang) hingga menjadi negara merdeka pada tahun 2002. Kini, Sunda Kecil terdiri atas tiga provinsi di Indonesia: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta 14 distrik milik Timor Leste.

That being said, kita mulai perjalanan kita di Sunda Kecil dengan pembahasan mengenai Provinsi Bali, pulau yang jamak dikenal sebagai Pulau Dewata.

Data singkat Provinsi Bali:
Ibukota: Denpasar
Luas: 5.780,06 km2
Populasi: 4.361.106 jiwa
Demografi:
- Agama: 86,53% Hindu, 10,2% Islam, 2,58% Kristen, 0,68% Buddha, 0,01% Konghucu
- Suku bangsa: Bali
- Bahasa: Bali
Slogan pariwisata: The Island of Gods (Pulau Para Dewa)
Lagu daerah: "Dewa ayu", "Ngusak asik", "Janger", "Macepet-cepetan", dll.
Rumah adat: Natah
Senjata tradisional: keris
Flora identitas: majegau
Fauna identitas: jalak bali
Puncak tertinggi: Gunung Agung (3.031 mdpl)
Sungai terpanjang: Sungai Ayung (68,5 km)
Danau terbesar: Danau Batur (16,05 km2)
Makanan khas: ayam betutu, jukut undis, ayam pelalah, lawar bali, dll.
Cerita rakyat: Kebo Iwa dan Sumur Majapahit, Tanduk si Anjing, dll.
Pahlawan nasional: I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ketut Jelantik, dll.

Saluran YouTube Expedia melakukan pekerjaan bagus dalam meringkas potensi wisata Bali. Berikut videonya:


Postingan ini nantinya akan membahas tentang Bali dari segi geografi fisik, ekonomi, dan sosial-budaya secara detail. Jika Anda orang Bali dan membaca postingan ini, berbanggalah karena provinsi Anda lebih dari hanya sekedar tempat wisata internasional, tetapi juga menyimpan beberapa fakta lain yang tidak orang lain ketahui. Ada lebih banyak tentang Bali daripada hanya pantai dan pura.

1. Bali dari Segi Geografi Fisik dan Ekonomi
Secara geografis, Bali adalah pulau paling barat di Kepulauan Sunda Kecil. Wilayahnya sepanjang 153 km dan selebar 112 km, sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Selat Bali memisahkan Bali dengan Pulau Jawa. Ibukotanya adalah Denpasar.

Berdasarkan relief dan topografis, wilayah Provinsi Bali terdiri atas pegunungan yang memanjang dari barat ke timur. Di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi, yaitu dua puncak tertinggi di Bali, yaitu Gunung Agung di Karangasem dan Gunung Batur di Bangli. Ada pula gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk di Jembrana, Gunung Patas di Buleleng, dan Gunung Seraya di Karangasem.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline