Lihat ke Halaman Asli

yudhi prasetyo

smoga dimudahkan dan dilancarkan.amin

Kuliah Online STIAMAK di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 26 Oktober 2020   05:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini seluruh dunia sedang mengalami pandemic Covid-19 yang penyebarannya semakin banyak dan harus mematuhi protokol kesehatan berupa : hindari keramaian, jaga jarak aman +1 meter, pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan hand sanitizer. Pada lokasi kerja dibatasi jumlah pegawai yang masuk dalam kantor dan perkuliahan dilakukan dengan daring/secara virtual sehingga mahasiswa tidak bertemu langsung dalam kelas. Hal tersebut harus dilakukan, maka dari itu guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dengan berbagai keterbatasan mobilisasi dan interaksi, semua pihak harus saling bekerjasama demi kelancaran kegiatan yang dilakukan dan mempunyai tanggung jawab. Jaman sekarang tidak hanya bisnis online dan ojek online saja yang laris, kuliah online pun merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh Universitas. Kuliah daring sangat berbeda dengan kuliah secara tatap muka, adapun perbedaan/perbandingan antara Kuliah OnlIne dan Kuliah Tatap Muka adalah sebagai berikut :

Perkuliahan online bisa menjadi system perkuliahan yang diterapkan dimasa depan meskipun pandemic Covid-19 sudah berakhir karena banyak sekali peminatnya terutama para pekerja yang waktunya tidak fleksibel.

Tahun ini penuh berkah bagi saya dikarenakan dari pekerjaan saya mendapatkan mutasi ke daerah asal dan untuk pendidikan saya mendapatkan beasiswa dari perusahaan di STIAMAK Barunawati dengan Program Studi Administrasi Bisnis Kepelabuhanan. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kita harus mampu mengimbangi dengan terus belajar untuk meningkatkan pengetahuan, dimana kampus STIAMAK Barunawati Surabaya yang merupakan kampus dengan orientasi ilmu khusus kepelabuhanan, pelayaran, logistic dan transportasi. Hal ini sangat menunjang dalam melaksanakan pekerjaan dan mengembangkan perusahaan.

Adapun ilmu pengetahuan yang saya dapatkan dari beberapa bulan mengikuti kuliah adalah :

  • Pengetahuan mengenai alat dan fasilitas pelabuhan;
  • Menganalisa permasalahan tentang bisnis, berbagai macam perusahaan dan sistemnya;
  • Cara manajemen mengelola dan meningkatkan kinerja untuk mencapai tujuan perusahaan;
  • Hubungan antara perusahaan dan lingkungan sekitar yang mendukung kegiatan perusahaan;
  • Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan realitas bisnis, aturan yang berlaku dan tanggung jawab.

Materi-materi yang sudah disampaikan oleh para Dosen di STIAMAK Barunawati Surabaya bisa terserap dengan baik meskipun dilakukan secara online, karena para Dosen tidak membatasi komunikasi saat jam kuliah, tetapi bisa sharing melalui group Whatsapp, email dan Google Classroom.

Jalan menuju kelulusan masih panjang, terus berjuang dan semoga ilmu yang didapatkan bisa diaplikasikan pada perusahaan sehingga bermanfaat. Demikian penjelasan singkat materi dan kuliah online di STIAMAK Barunawati Surabaya. Mohon bisa diberikan masukan berupa kritik dan saran yang membangun.  Terima kasih. (25 Oktober 2020/Yudhi Prasetyo)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline