Lihat ke Halaman Asli

Yudhi Hertanto

TERVERIFIKASI

Simple, Cool and Calm just an Ordinary Man

Dunia Digital: Kombinasi Pemasaran Online-Offline

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Interkoneksi antar manusia kini semakin lebih cepat. Ya, teknologi adalah sarananya. Internet adalah hal yang mengubah jejaring social menjadi digital. Sistem bilangan biner, menjadi bahasa program sekaligus bahasa komunikasi yang mempersatukan dunia. Speed and spread, begitu cara kerja internet mengubah lansekap pola keterhubungan sosial, secara digital.

Kondisi ini ditunjang dengan perbaikan sarana dan prasarana. Termasuk diantaranya, perkembangan generasi yang menggunakan perangkat digital yang berhubungan dengan internet. Dunia kini terjadi overlap generasi. Lapisan babyboomer, gen x, milenial hingga gen net adalah bentuk dari bagaimana terjadi perubahan generasi, yang mengalami perkembangan seiring dengan teknologi terkini.

Instant, ekspresif dan real time adalah hal lain yang tidak dapat terpisahkan dari generasi saat ini. Namun disamping itu, gemar untuk bersosialisasi, dengan upaya membangun relasi serta berkolaborasi secara maya. Kondisi perubahan ini yang kemudian harus disinkronisasi. Generasi net terus bertumbuh mengganti lapis generasi sebelumnya, pemahaman akan generasi ini menjadi penting bagi masa depan.

Apa Maknanya dan Bagaimana Strateginya?

Generasi net, sejak awal kehadirannya selalu diramalkan dan dipandang sebagai lapisan yang paling lemah. Ketergantungan akan teknologi menciptakan daya imajinasi dan kreatifitas menjadi lebih tumpul. Disamping itu, kekuatan fisik menjadi terkendala karena banyak waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi non fisik. Dalam kenyataannya, ternyata kemudian tidak semua prediksi itu tepat.

Justru pada generasi ini, kreatifitas dan aspek imajinasi visual menjadi sangat mencolok. Pada generasi ini pula kecerdasan intelektual mengalami peningkatan. Salah satu indikasi yang memungkinkan, adalah tingkat serapan informasi yang menjadi semakin bertambah, dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan begitu banyak kelebihan, maka generasi net sekaligus adalah pangsa pasar kemudian hari.

Kepentingan dari perspektif bisnis dan pemasaran saat ini adalah melakukan konversi mekanisme marketing yang menyasar lapis generasi diatasnya sekaligus generasi net. Sesungguhnya terdapat senjang budaya antar generasi, hal itu harus difasilitasi melalui berbagai saluran pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal ini, konsentrasi kita tercurahkan pada pembangunan brand.

Terutama bagi generasi net, banyak paradoks yang meliputinya. Diantaranya, melakukan ekspose hal privat diranah publik, seringkali dekat dengan narsisme. Lalu, dunia digital membuat relasi sosial semakin horisontal dan setara, terlebih secara konsep generasi net adalah kelompok cair yang ternyata dapat bersatu pada satu kepentingan yang sama secara situasional.

Problem yang dihadapi oleh pemasar pada dunia digital adalah membangun kesadaran, terlebih membangun pelanggan loyal. Harus pula dipahami, metodologi penjualan langsung adalah hal yang dihindari, karena generasi net lebih menyukai berbagai hal lain sebagai kesukaan mereka. Mereka menjadi individualis sekaligus mudah bersosialisasi, sebuah paradoks lain yang kemudian timbul.

Pemasar harus memahami perilaku konsumen. Dan dalam dunia digital, maka rangkaian tahapan yang dibangun adalah pre-consume, consume, post-consume. Kegiatan yang dilakukan dalam kerangka konsumsi tersebut, harus menjadi titik sentuh pelanggan dalam dunia digital secara berbeda. Pada fase pre-consume, maka brand harus menyajikan bujukan persuasif secara tepat, halus namun menimbulkan keingintahuan, maka konten -pesan yang akan dikirimkan brand harus jelas ditangkap.

Pada saat consume, disini terjadi moment of truth. Lapis konsumen, yang mengambil preferensi dari informasi media pada sumber digital yakni internet akan melakukan transaksi. Dititik ini, kesadaran -brand awareness sudah terlampaui. Konsep yang dibangun adalah Action dalam runutan perilaku AIDA -Awareness, Interest, Desire and become Action. Tentu, kepuasan yang terbentuk saat ini menjadi penting dan menentukan tahapan selanjutnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline