Lihat ke Halaman Asli

Yudhi Hertanto

TERVERIFIKASI

Simple, Cool and Calm just an Ordinary Man

Kenali Tujuan Organisasi, Identifikasi Awal Kompetisi

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berdasarkan ilustrasi diatas, tentu membuat kita dapat melihat betapa pentingnya kemampuan untuk dapat memahami perubahan kondisi, serta mengetahui bagaimana upaya yang perlu dilakukan dalam memenangkan kompetisi. Jelas pula bahwa perubahan lingkungan industri, sangat berpengaruh terhadap masa depan sebuah perusahaan. Untuk itu, maka hal terpenting diawal permulaan yang harus dipahami terlebih dahulu secara mendasar, adalah mengetahui apa yang menjadi tujuan dari keberadaan sebuah organisasi?.

Tentu banyak sekali jawaban yang dapat dikemukakan, namun beberapa diantaranya yang menjadi penting untuk disimak, sebagaimana sudah disinggung pada muka pembahasan adalah, bahwa perusahaan akan berupaya untuk bertumbuh dari waktu ke waktu, dan menghasilkan profitabilitas, yang diperoleh melalui kenaikan angka penjualan serta mampu menekan tingkat biaya secara kontinu.

Kondisi yang berubahan, memang telah menjadi natur yang normal dalam kehidupan apapun. Tidak ada yang statis, semuanya berlangsung dalam interaksi dinamis. Kunci utama dalam kemampuan menjawab tantangan perubahan adalah dengan segera beradaptasi atas perubahan, serta melakukan berbagai langkah yang dianggap perlu guna menciptakan efektifitas dan efisiensi yang berkejaran dengan waktu, serta didukung oleh gerak secara keseluruhan dalam struktur organisasi.

Strategi sendiri merupakan rencana, langkah ataupun cara dan metodologi yang dipergunakan dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Pilihan akan sebuah strategi tentu akan sangat bergantung atas kondisi yang dimiliki, termasuk pada kondisi yang dihadapi sebagai sebuah kesatuan. Turunan dari strategi dapat dikembangkan dalam periode jangka pendek, menengah hingga panjang sesuai dengan cara pandang dan kepentingan perusahan untuk bertahan dan menang dalam persaingan.

Pada formulasi strategi perusahaan, maka hal yang perlu didefinisikan adalah bagaimana kondisi internal saat ini, bagaimana sumberdaya yang dimiliki dapat menjadi keunggulan bersaing terhadap kompetitor dan melihat relasi lingkungan eksternal yang aktual, sehingga akan terlihat peluang yang dapat dikembangkan sebagai sumber dari tujuan perusahaan untuk dapat menghasilkan keuntungan.

Kutipan penting tentang strategy berikut ini tentu dapat menginspirasi kita tentang bagaimana sesungguhnya peran strategi dalam menjawab tantangan kompetisi adalah sebagai berikut:

Without a strategy, an organization is like a ship without rudder, going around in circles, it's like a tramp; it has no place to go (Joel Ross and Michael Kami)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline