Lihat ke Halaman Asli

Yudha Setya Nugraha

Penulis Lepas

RCV1000R Usaha Gagal Honda buat Motor MotoGP Murah

Diperbarui: 25 November 2022   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Casey Stoner menguji RCV1000R. Sumber: Motogp.com

 

Akhir tahun 2013, Motogp akhirnya mengganti kelas Claiming Rule Team (CRT) menjadi kelas Open.

Perubahan ini ditunjukan untuk mempersempit perbedaan performa antara motor-motor CRT yang memakai mesin superbike ke motor-motor pabrikan.

Kelas CRT, kelas yang dibuat untuk menambah minat banyak tim untuk balapan di Motogp dengan biaya lebih murah. Sumber: Motogp.com

Motor-motor openclass nantinya akan disuplai oleh pabrikan-pabrikan Motogp yang menyediakan motor lebih murah untuk dijual atau disewa oleh tim-tim kecil.

Yamaha memilih untuk menyewakan mesin mereka ke tim-tim kecil dan tim-tim tersebut bebas untuk mengembangkan chassis mereka sendiri.

Ducati malah melepas status factory mereka untuk masuk ke kelas open untuk mengembangkan motor.

Honda lebih memilih untuk men-downgrade RC213V untuk dijual murah ke tim-tim kecil. Motor itu adalah RCV1000R.

RCV1000R saat pertama kali dirilis. Sumber: Motogp.com

Sayang dari tiga hasil tersebut, Honda RCV1000R adalah yang paling gagal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline