Lihat ke Halaman Asli

Bagaikan Badai Tidak Kunjung Selesai, Mahasiswa Undip Berikan Solusi untuk Covid-19 di RW 01 Pedurungan Tengah Semarang

Diperbarui: 10 Februari 2022   04:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Semarang (10/02/2022) - Mengutip dari kemkes.go.id, Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Kondisi ini diperburuk dengan varian baru dari COVID-19 ini, yaitu varian Omicron COVID-19.

Omicron merupakan varian baru dari COVID-19 yang memiliki waktu penyebaran yang cukup cepat. Omicron tidak memiliki gejala yang cukup parah, namun hal ini tidak boleh disepelekan, dikarenakan varian ini tentunya menyerang orang yang memiliki imunitas rendah dan dapat bertahan lebih lama pada orang - orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Dari Mahasiswa UNDIP ingin memberikan peran mereka untuk tema COVID-19 ini dengan mencoba observasi ke daerah Kelurahan Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Daerah yang kami jangkau tepatnya di RW 01, dimana kesadaran akan COVID-19 dengan varian baru Omicron kali patut diperlukan.

Proses observasi tempat di RW 01 terkait tema COVID-19 (Dokpri)

Dari hasil observasi tersebut, Mahasiswa UNDIP mencoba untuk memberikan ide mereka berupa video edukasi QRIS sebagai alternatif transaksi online yang mendukung dalam menghindari kontak secara langsung. Ide lainnya adalah informasi secara digital untuk memahami lebih tentang COVID-19 serta melacak penduduk daerah tersebut yang telah melakukan vaksinasi.

Video edukasi transaksi online menggunakan QRIS disebarkan melalui situs Youtube.com (Dokpri)

Video edukasi transaksi online menggunakan QRCode media QRIS disini berisikan informasi untuk menghimbau warga terkait untuk menggunakan QR Code dalam segala macam transaksi dengan diberikan keuntungan seperti kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam transaksi. Dengan mengganti kegiatan transaksi secara langsung menuju transaksi secara online, maka tingkat penularan akan COVID-19 dapat ditekan.

Tampilan halaman informasi COVID-19 untuk RW 01 (Dokpri)

Informasi digital tentang pengertian lebih akan COVID-19 diberikan menggunakan sarana website untuk menyebarkan informasi ini. Informasi COVID-19 berupa tingkat kematian akibat COVID-19, penyebab COVID-19, faktor risiko COVID-19, gejala COVID-19, diagnosis COVID-19, pengobatan COVID-19, pencegahan COVID-19, pentingnya vaksinasi, dan pentingnya untuk tetap menjaga ketahanan tubuh.

Edukasi sekaligus pengenalan terkait website informasi tentang COVID-19 kepada warga RW 01 Pedurungan Tengah (Dokpri)

Diharapkan dengan video edukasi QRIS sebagai alternatif transaksi online dan website yang memberikan pengetahuan akan COVID-19 ini menghambat penularan virus varian baru Omicron dan meningkatkan mutu hidup warga di daerah tersebut.

Penulis : Yudha Kusuma Triatmaja -- 24060118130144
DPL : Roro Isyawati Permata Ganggi, S.IP., M.IP.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline