Lihat ke Halaman Asli

Transfer Pemain, Tunggu Liga Bergulir

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Salam Sepakbola Indonesia

Seperti kebanyakan kompetisi di dunia, masa jeda usai kompetisi berakhir digunakan oleh tim-tim untuk berbenah, baik dari segi infrastruktur, manajemen dan tentu saja pemain. Yup pemain. Lalu lintas perpindahan pemain atau yang biasa kita sebut dengan bursa transfer ini sangat menarik untuk disimak, tak terkecuali untuk liga kita sendiri, Liga Indonesia yang pada musim 2014 nanti masih bernama Liga Super Indonesia.

Hampir serupa dengan musim-musim sebelumnya, bursa perpindahan pemain (kebanyakan sih pindah klub karena kontrak mereka di klubnya sudah berakhri, bukan ditransfer atau dibeli) di liga kita sangat sulit untuk ditebak, karena kenapa? Seperti yang kita ketahui keterbukaan klub kita dalam urusan pemain masih sangat minim. Bahkan nilai kontrak saja yang tahu hanya klub dan pemain. Kita sebagai penonton hanya bias menerka-nerka berapa kira-kira nominal kontrak pemain tersebut.

Berikut adalah hal-hal menarik seputar bursa transfer pemain di Liga Indonesia:

1.Tidak ada transfer, yang ada cuman perpindahan pemain

Yup sangat benar, tidak ada yang namanya transfer atau jual beli pemain antar klub, yang ada itu atau sering terjadi adalah perpindahan pemain karena kontraknya berakhir, kalau pun ada transfer pemain itu pun sangat jarang. Seperti yang kita ketahui bersama kebanyakan klub mengkontrak pemain dalam durasi 1 tahun atau 1 musim kompetisi, walaupun ada yang mengontrak lebih dari 1 musim namun masih sedikit, Akibatnya klub kehilangan peluang untuk mendapatkan dana dari penjualan pemain ini. Ayo siapa yang masih ingat siapa pemain Indonesia yang benar-benar ditransfer dan berapa nilai transfernya?

2.Kebanyakan pemain ingin bertahan.

Ketika ada pemain yang digosipkan menjadi bidikan klub lain dan pemain tersebut diwawancarai kebanyakan bilang: ingin bertahan. Hal ini wajar dan disebabkan beberapa hal, antara lain: keluarga, suasana klub yang kondunsif, supporter, dan lain-lain. Namun hal yang menjadi intinya adalah keuangan. Alasan keluarga, supporter dan lain-lain itu hanyalah alasan normative saja, pemain mana coba yang tidak ingin bertahan kalau haknya di klub dipenuhi dengan baik (kalaupun pindah tentu karena ada tawaran yang lebih baik), itu kalau keuangan klubnya sehat., kalau keuangan klubnya tidak sehat gimana? Ya kebanyakan ingin bertahan dengan harapan hak meraka yang masih tertangguhkan akan segera dilunasi, kalau pun tidak sekarang ya musim depan, meraka khawatir kalau pindah klub nanti hak tersebut tak bisa ditagih. Aduh kasihan kita.

3.Saling klaim klub soal pemain pun terjadi

Bahkan tidak jarang beberapa klub mengklaim bahwa pemain incarannya sudah setuju untuk bergabung di musim berikutnya. Seperti kebanyakan berita, ada yang sudah setuju secara lisan, terima uang muka, pra kontrak dan lain-lain dimana hal tersebut kekuatan hukumnya sangat lemah, karena tidak ada perjanjian hitam dia tas putih. Alhasil, walaupun sudah setuju secara lisan tapi belum ada kesepakatan yang ditandatangani, sangat besar kemungkinan si pemain berubah pikiran karena adanya tawaran lain yang lebih baik.

4.Nilai kontrak seperti hal mistis saja

Ini adalah hal menarik karena nilai kontrak pemain ini adalah hal yang sepertinya tabu untuk diungkap ke publik, baik oleh si klub sendiri maupun oleh si pemain, alasan klisenya adalah: tidak etislah kalau kita ungkap ke publik. Kalau pun ada nilai kontrak pemain yang tersiar ke publik, itu nilai kontrak yang masih dalam tahap negoisasi bukan nilai kontrak yang ditandatangani oleh kedua pihak. Yudha sendiri penasaran bagaimana sih bentuk dan redaksional kontrak pemain tersebut, apakah mirip dengan yang di Football Manager yang mencakup hal-hal yang cukup mendetail seperti nilai kontrak, gaji, bonus, dan lain-lain. Untuk hal ini adakah warga yang ingin berbagi?

Untuk saat ini sekian dulu, rasanya bursa transfer di Liga kita lebih dihebohkan dengan gosip-gosip perpindahan pemain yang berlebihan dan saling klaim serta hak pemain yang tak dipenuhi. Kita tunggu saja saat liga telah bergulir yang direncanakan Januari 2014 nanti untuk memastikan hal ini, kalau untuk saat ini kita nikmati saja dulu karena saat kompetisi tidak berjalan, timnas belum beraksi, berita transfer inilah yang lumayan untuk mengisi waktu mengenai perkembangan sepakbola nasional.

Salam

Ingin turun/naik berat badan? Nutrisi untuk sehat? Kunjungi www.yudhakids.com

Work online from hom www.bisniskuseru.com/oke




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline