Lihat ke Halaman Asli

Yudha wahyupratama

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Conten Creator di Media Sosial

Diperbarui: 16 Januari 2022   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada masa ini, media sosial berawal dari kemunculan media sosial dan berperan penting dalam proses komunikasi masyarakat modern. Memposting foto, membuat headline yang menarik, menunggu like dan membalas komentar adalah aktivitas yang biasa dilakukan di media sosial. Penggunaan media sosial dalam masyarakat modern telah membawa peluang bisnis baru bagi industri kreatif. Profesi content creator merupakan salah satu dari sekian banyak profesi baru yang diciptakan oleh media sosial. Content creator sendiri terbagi menjadi beberapa profesi yaitu selebriti, YouTuber, fotografer, travel blogger, dll.

Pembuat konten adalah orang yang membuat konten, termasuk konten yang digunakan untuk tujuan promosi bisnis. Konten yang dibuat oleh pembuat konten dapat berupa artikel, video, e-book, infografis, foto, dll. Kita bisa mempublikasikan konten ke berbagai media, seperti blog, email, instagram, youtube, tiktok dan media sosial lainnya. Pembuat konten membuat konten berdasarkan tujuan pembuat konten. Jadi, jelaskan kepada Anda strategi pemasaran yang akan Anda jalankan dan konten yang ingin Anda buat. Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness di media sosial, sebaiknya buat konten yang sesuai dengan tujuan Anda, yaitu berisi informasi yang menarik namun relevan.

Instagram saat ini adalah aplikasi paling populer di dunia. Penggunanya meningkat setiap tahun, dan Indonesia juga merupakan pengguna Instagram terbesar keempat di dunia. Alasan mengapa pengguna Instagram tetap menggunakan aplikasi ini adalah karena konten yang disediakan menarik berdasarkan tren populer saat ini. Pengguna juga bisa mencurahkan momen spesial kapan saja, tentunya kontennya harus semenarik mungkin.

Content creator saat ini banyak dijumpai pada youtube (youtuber),yang termasuk ke dalam salah satu aplikasi popular di dunia stelah Instagram. Tidak hanya public figure saja orang --orang biasa juga bisa menjadi content creator bisa juga mencoba membuat konten agar bisa dikenal masyarakat luas. Para public figure dan selebgram yang sudah dikenal di Instagram kini merambah sebagai YouTuber. Tidak menutup kemungkinan pengikutnya bertambah setiap hari karena orang tersebut sudah terkenal di dunia entertainment.

Content creator Instagram sebelumnya menggunakan media youtube untuk menampilkan konten-konten yang dibuat, maka untuk saat ini menggunakan media Instagram dan tiktok hamper sama membuat konten di youtube, namu konten di Instagram dan di tiktok durasi videonya yang dihasilkan lebih pendek . untuk penghasilannya dari konten endorse beberapa brand tertentu.

Saat ini tidak hanya YouTube dan Instagram TikTok sekarang semakin banyak digemari dari anak-anak hingga orang tua. TikTok ini menjadi salah satu jembatan untuk menyalurkan rasa bosan kita dengan membuat konten TikTok . melalui aplikasi TikTok ini kita juga menambah teman dari berbagai daerah di Indonesia dan luar Negeri.

Mengutip dari kompas.com, gaji pembuat konten Youtube (Youtuber) rata-rata $18 per 1.000 tampilan iklan, atau setara dengan $3 hingga $5 per penayangan video. Sejauh ini, perhitungan gaji Youtuber didasarkan pada setiap 1.000 tayangan. Menurut perhitungan Forbes, konten video memiliki 1 juta tampilan dan akan menghasilkan pendapatan lebih dari $500. Wah, bagus sekali bukan?

Saat ini Youtuber merupakan salah satu profesi yang banyak diminati, terutama kaum milenial. Youtube bukan hanya cara untuk mempublikasikan setiap saat, tetapi juga media untuk menghasilkan uang. Apakah Anda tertarik dengan pekerjaan ini? Dengan konten yang berkualitas dan menarik, tentu masyarakat akan tertarik dan tertarik untuk menonton. Semakin banyak tayangan, semakin banyak pendapatan yang Anda peroleh.

Sebelum bekerja sama dengan content creator, semua perlu mengetahui beberapa kriteria untuk memilih mereka sebagai rekan bisnis yang baik. Simak penjelasan berikut ini.

1. Memiliki ide yang kreatif

Konten menarik dan orisinil biasanya lahir dari ide-ide kreatif. Tidak hanya menarik, konten juga perlu sesuai dengan tujuan bisnis anda. Dengan begitu promosi konten yang anda buat bisa sesuai target.yang paling penting sekali seorang conten creator perlu memiliki kreatifitas yang baik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline