Lihat ke Halaman Asli

Yudan Prayogo

Muda dan Bersahaja

Pandemi Demi Sesuap Nasi: Terobos Ekonomi Kreatif dan Inovatif Masa Pamdemi!

Diperbarui: 12 Maret 2021   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pada hakikatnya masa pamdemi ini adalah masa yang dimana semua merasakan efek mulai dari pengurangan tenaga kerja sampai dengan terlibasnya pelaku-pelaku UMKM, sehingga hal ini menjadi fokus dalam melakukan pertahanan gerakan ekonomi. Melakukan hal dalam peesaingan usaha dimasa pandemi ini bukan hal yang kiranya cukup baik, melainkan diperlukan kekuatan bersama dalam membangun gerakan ekonomi bersama. Membentuk suatu kelompok ekonomi beesama yang diupayakan hal ini dapat memberikan efektifitas dimasa pandemi saat ini.

Dengan cara membangun kelompol ekonomi bersama yaitu dilakukannya suatu kelompol masyarakan yang terisi dari berbagai produk, sehingga dapat dilihat keanekaragaman dari varian suatu produk tersebut. Setelah dilakukan hal tersebut maka dapat diupayakan dengam membentuk katalogsasi produk, sehingga dapat dilihat dikelompok tersebut memiliki berbagai macam produk, dengan hal ini konsumen dengan leluasa memilih produm tersebut. Sebenarnya hal ini adalah cara untuk melakukan modifikasi pemasaran yang telah digunakan oleh supermarket2 ternama, namun dalam hal ini masyarakat membentuk kelompok yang sehingga dapat diciptakan supermarket masyarakat. Hal ini merupakan platform jitu yang diupayakan mampu dalam membangun ekonomi berasama dimasa pandemi ini.

Salam Enterpreneur

Sukses

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline