Lihat ke Halaman Asli

Yuda IsmaWanti

Mahasiswa IT Telkom Purwokerto

Analisis Pengaruh Kinerja Karyawan pada PT XL Axiata Tbk

Diperbarui: 17 Januari 2024   16:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

LATAR BELAKANG

PT XL Axiata Tbk merupakan salah satu penyedia telepon seluler besar di Indonesia. PT XL Axiata Tbk juga merupakan bagian dari Axiata Group Berhad dan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memajukan teknologi komunikasi di Asia. Selain itu, PT XL Axiata Tbk memiliki jaringan serat optik yang luas. Bisnis PT XL Axiata Tbk mulai beroperasi secara komersial pada bulan Oktober 1996, dengan triple band (900/1800/1900), solusi konsumen sebagai jaringan seluler dan penyedia layanan, dan solusi bisnis sebagai penyedia layanan korporat untuk perusahaan. 

Pada tanggal 21 September 2006, PT XL Axiata meluncurkan Tbk XL 3G, komunikasi seluler berbasis teknologi 3G tercepat dan paling banyak digunakan pertama. XL Axiata fokus pada penyediaan layanan seluler dan data, termasuk telepon seluler, SMS, layanan internet, dan layanan bernilai tambah lainnya. Sebagai salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia, XL Axiata berkomitmen untuk menghadirkan inovasi jaringan dan layanan berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pelanggannya. (0772002)

Keberhasilan suatu perusahaan dipengaruhi oleh kinerja karyawannya. Kinerja merupakan perbandingan prestasi kerja, yaitu hasil kerja aktual dengan peningkatan kinerja karyawan secara terus-menerus dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. 

Perusahaan dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan berbagai cara, antara lain meningkatkan kepuasan kerja karyawan melalui dukungan karyawan dan penghargaan yang sesuai dengan harapan karyawan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai adalah pemberdayaan pegawai. Menurut Yusti Pojisari (2001), pemberdayaan karyawan tidak hanya efektif dalam meningkatkan kinerja, namun juga dapat membuat karyawan ingin berhenti dari pekerjaannya atau keluar dari perusahaan. Orang yang puas dengan pekerjaannya cenderung bertahan dalam organisasi, sedangkan orang yang tidak puas dengan pekerjaannya memilih keluar dari organisasi. (864)

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses yang menangani berbagai permasalahan pekerjaan dan menunjang aktivitas organisasi dan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Manusia merupakan salah satu elemen kunci dalam suatu organisasi karena merekalah yang menjadi penggerak dan pengambil keputusan pengelolaan organisasi. Unsur manajemen sumber daya manusia adalah orang-orang yang bekerja pada perusahaan. Oleh karena itu, departemen sumber daya manusia fokus pada isu-isu yang mempengaruhi karyawan.

PERUMUSAN MASALAH

1. Faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja karyawan menurun pada PT.XL Axiata Tbk?

2. Apa yang menjadi penyebab karyawan menjadi stres pada PT.XL Axiata Tbk?

3. Bagaimana upaya meningkatkan kinerja karyawan pada PT.XL Axiata Tbk?

TINJAUAN TEORI

1. Sejarah Perusahaan

PT. XL Axiata, sebagai sebuah entitas bisnis, berupaya menghadapi tantangan dalam kompetisi global di mana banyak perusahaan bersaing untuk mempertahankan eksistensinya. Mereka berkomitmen untuk tetap kukuh di tengah persaingan yang melibatkan produk, teknologi, dan pelayanan. Awalnya dikenal sebagai PT. Excelcomindo Pratama Tbk atau disingkat XL, perusahaan operator telekomunikasi seluler ini telah beroperasi sejak 8 Oktober 1996, menjadi perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan ponsel di Indonesia. Pada tanggal 16 November 2009, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), XL memutuskan untuk mengganti nama dari PT. Excelcomindo Pratama Tbk menjadi PT. XL Axiata Tbk[1].

PT XL Axiata Tbk ("XL" atau "Perusahaan") didirikan pada tanggal 6 Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari dan bergerak dalam bidang usaha perdagangan dan jasa umum. Enam tahun kemudian, perusahaan mengambil langkah penting melalui kerja sama dengan pemegang saham PT Grahametropolitan Lestari Grup Rajawali dan tiga investor asing (NYNEX, AIF dan Mitsui & Co.). Nama perusahaan kemudian diubah menjadi PT Excelcomindo Pratama Tbk dan bisnis utamanya menjadi penyediaan jasa telepon dasar. Pada tahun 1996, XL mulai beroperasi secara komersial yang berpusat di wilayah layanan Jakarta, Bandung dan Surabaya. Hal ini menjadikan XL sebagai perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan seluler dasar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline