Lihat ke Halaman Asli

Yuda IsmaWanti

Mahasiswa IT Telkom Purwokerto

Pengaruh Aktivitas Bermain Game Online terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Siswa

Diperbarui: 30 Januari 2023   13:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com

Perkembangan zaman saat ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi modern. Hal ini membuat dunia industri berlomba-lomba memproduksi teknologi informasi secara masal. Dunia komunikasi menyatu dengan perkembangan komputer, menghasilkan cabang ilmu baru, yaitu Internet.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet merupakan jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Menurut Drew Heywood, internet merupakan istilah teknologi yang muncul pada akhir 60-an, yaitu saat United States Departement of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking.

Menurut pendapat Onno W. Purbo mendefinisikan internet sebagai media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi yang bisa berjalan secara efisien dengan tersambungnya perangkat ke beragam aplikasi.

Di era digitalisasi dan modernisasi ini, bidang kehidupan mengalami perkembangan yang pesat, tidak hanya dalam bidang teknologi, komunikasi dan transportasi, tetapi juga dalam berbagai bidang kehidupan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, game online juga berkembang pesat. Game online adalah permainan komputer yang dapat dimainkan oleh banyak orang dengan menggunakan jaringan komputer (LAN atau Internet) sebagai medianya. Game online memungkinkan pemain untuk bermain tidak hanya dengan pemain di sekitar mereka, tetapi juga dengan pemain dari berbagai lokasi, atau bahkan berbagai belahan dunia.

Definisi game online menurut KBBI yaitu dipisahkan menjadi 2 kata yaitu game dan online. Kata “Game” dalam bahasa Indonesia berarti permainan, sedangkan kata “online” berarti daring. Arti permainan dalam KBBI adalah sesuatu yang digunakan untuk bermain, sedangkan daring adalah sesuatu yang terhubung dalam jaringan internet. Jadi bisa disimpulkan bahwa permainan game online atau permainan daring yaitu sesuatu (dalam hal ini video game) yang digunakan untuk bermain dan harus menggunakan jaringan internet.

Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, mendefinisikan game online merupakan sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan.


Sejarah Game Online

Game online dimulai pada tahun 1969 sebagai game online untuk dua pemain untuk tujuan pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970-an, sistem dengan kemampuan time-sharing diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online. Sebagian besar game online paling awal adalah game simulasi perang atau pesawat yang digunakan untuk keperluan militer, yang menginspirasi kemunculan dan pengembangan game lain. Pada tahun 1980-an, Roy Trubshaw dan Bartle Richard pertama kali mengembangkan Multi-User Dungeon (MUD) di Universitas Essex di Colchester, Inggris, pada 10 Desember. Apa yang sekarang dianggap sebagai MUD "klasik" dipasang dan dijalankan selama sembilan tahun. Akhirnya, popularitas game di kalangan peretas dan non-peretas sama-sama menyebabkan sumber daya komputer terkuras dengan kecepatan yang mengkhawatirkan sehingga universitas memberlakukan jam malam pada waktu bermain.

Menurut ligagame Indonesia (ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG (role playing game). Tercatat banyak judul game online yang beredar di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline