Lihat ke Halaman Asli

YUANE ANIKE AIBOY

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Pengaruh Kualitas Udara terhadap Waktu Aktivitas Olahraga di Luar Ruangan

Diperbarui: 16 Juli 2023   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kualitas udara merupakan aspek penting yang menjadi indikator seberapa baik atau buruknya kinerja atau nyaman-tidaknya udara suatu tempat. Kualitas udara menurun akibat zat-zat pencemar masuk kedalam udara seperti Sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO2), ozon (O3),nitrogen dioksida (NO2).

Mengetahui kualitas udara sangat penting dalam menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga. Oleh karena itu, menjaga kualitas udara adalah hal yang penting menjamin kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi.

Waktu untuk berolahraga paling baik dilakukan ketika hujan berhenti, sebab curah hujan termasuk salah satu parameter untuk membersihkan polutan udara di atmosfer.

Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kualitas udara tetap baik, yaitu pertama menggunakan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda ataupun jalan kaki. Kedua, memulai kebiasaan menanam pohon. Ketiga, mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Keempat, menggunakan angkutan umum jika berpergian jauh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline