Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik Perjuangan Para Pahlawan melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Peserta Didik Kelas IV Semester 1 SDN 1 Jepangrejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas IV Semester 1 SDN 1 Jepangrejo dengan kondisi awal hasil belajar tematik masih rendah.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap materi tematik Perjuangan Para Pahlawan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelejaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan hasil belajar tematik Perjuangan Para Pahlawan pada peserta didik Kelas IV SDN 1 Jepangrejo telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap siklus. Berdasarkan catatan selama penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning didapat perolehan pada pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar 23,35% denagn rata-rata 61,18. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 58,82% dengan rata-rata 67,65. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 82,35% dengan rata-rata 77,06. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan persentase 100% dengan rata-rata 86,47.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H