Lihat ke Halaman Asli

DWI CAHYANTI ALFIAH

SDN 1 Kedungrejo

Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Contextual Teaching and Learning SDN 1 Jepangrejo

Diperbarui: 11 Desember 2020   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik Perjuangan Para Pahlawan melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Peserta Didik Kelas IV Semester 1 SDN 1 Jepangrejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas IV Semester 1 SDN 1 Jepangrejo dengan kondisi awal hasil belajar tematik masih rendah.

Jenis penelitian adalah  penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap materi tematik Perjuangan Para Pahlawan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelejaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan hasil belajar tematik Perjuangan Para Pahlawan pada peserta didik Kelas IV SDN 1 Jepangrejo telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. 

Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap siklus. Berdasarkan catatan selama penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning didapat perolehan pada pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar 23,35% denagn rata-rata 61,18. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 58,82% dengan rata-rata 67,65. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 82,35% dengan rata-rata 77,06. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan persentase 100% dengan rata-rata 86,47. 

dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline