Lihat ke Halaman Asli

Yosua Tevez

Mahasiswa

Study Tour Kelas XA SMA Tri Ratna - Sejarah Rumah Si Pitung

Diperbarui: 6 Mei 2024   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Siapa yang belum pernah mendengar kisah si pitung?, pasti kalian tahu bahwa pahlawan pemberani yang berasal dari betawi ini berhasil membuat para penjajah belanda mencari-cari dan meneror keberadaan si pitung. 

Tanggal 26 April 2024, Siswa- Siswi Sma Tri Ratna melakukan study tour dengan Menggunjungi Museum Kebaharian si Pitung.

Tujuannya menggunjungi Museum kebaharian si Pitung yaitu mempelajari sejarah se masa Rumah museum ini di tinggal oleh si pitung.

Awal mula sejarah nya ialah Rumah "si pitung"ini ternyata bukan rumah milik si pitung melainkan rumah tempat persembunyian pitung dari para penjajah belanda yang sedang mencari nya. Pemilik rumah si pitung yang sebenarnya bernama Haji Sapiudin berasal dari Makassar kota Sulawesi Selatan.

Rumah "si pitung" ini merupakan rumah asli khas Makassar yang sudah di buat dari tahun 1880,Rumah "si pitung" terbuat dari kayu ulin .Isi dari Rumah "si pitung" cukup sederhana yaitu;kamar tidur,ruang tamu,dapur, dan halaman belakang / depan

Dokpri

Meski sudah tidak di tempati lagi namun Rumah "si pitung" di isi beberapa perabotan antik sehingga masih sangat terasa seperti rumah 1800 an dan konsep yang jadul dan kuno.

Dokpri

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline