Lihat ke Halaman Asli

Yosua Anang Arniawan

Work with the heart

KKN-T Kelompok 2 UNISRI Adakan Bimbingan Belajar Gratis bagi Anak-Anak Desa Pancot

Diperbarui: 28 Agustus 2021   08:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa KKN-T Kelompok 2 Universitas Slamet Riyadi mengadakan bimbingan belajar gratis bagi anak-anak warga desa Pancot,  Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten / Kota Karanganyar. Kegiatan bimbingan belajar (bimbel) ini telah dilaksanakan sejak Senin, 2 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB, yang bertempat di Rumah Baca. Kegiatan bimbel dilaksanakan secara rutin setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu

Rumah Baca adalah suatu ruangan yang terdapat banyak buku. Ada beberapa jenis buku, diantaranya adalah buku panduan membaca, buku menghitung, buku sejarah, buku fiksi non fiksi, buku tentang keagamaan, buku dongeng, komik, buku pelajaran sekolah, dan lain sebagainya. Rumah Baca ini di dirikan oleh Bapak Sumarso dan istrinya, warga desa Pancot, yang berprofesi sebagai Guru. Dulu, Rumah Baca ini sangat aktif dikelola oleh muda-mudi Pancot, namun dikarenakan oleh faktor kesibukan dan keterbatasan waktu oleh pengelola, maka Rumah Baca ini vakum (tutup).

Sejak proses pembelajaran di lakukan secara daring, banyak anak-anak yang malas untuk mengikuti proses belajar mengajar virtual. Mereka lebih memilih untuk bermain daripada belajar. Alhasil tugas-tugas yang diberikan sekolah menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengerjakannya. Selain itu, banyak anak-anak warga desa Pancot khususnya kelas 1-4 SD yang belum lancar membaca dan menulis sehingga mereka sulit untuk mengikuti pembelajaran.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka program kerja bimbingan belajar gratis diadakan untuk mendampingi anak-anak belajar secara tatap muka namun tetap memperhatikan protokol kesehatan guna meningkatkan motivasi belajar serta meningkatkan minat baca anak-anak warga desa Pancot. Selain itu, mahasiswa KKN-T Kelompok 2 Unisri ingin menghidupkan kembali Rumah Baca sebagai tempat belajar dan membaca yang nyaman dan menyenangkan.

Pada pelaksanaannya, anak-anak dikelompokkan berdasarkan kelas masing-masing. Kemudian, anak-anak diberikan materi pembelajaran seperti membaca, menulis dan berhitung serta didampingi belajar bagi anak-anak TK dan SD kelas 1-2. Dan untuk anak-anak kelas 3 SD keatas didampingi belajar berdasarkan buku pelajaran yang diberikan oleh sekolah. Selain itu, anak-anak diberikan motivasi untuk membaca buku dengan cara anak-anak memilih salah satu atau beberapa buku yang mereka sukai untuk dibaca dengan didampingi oleh mahasiswa ataupun dibaca didepan teman-teman yang lain.  Anak-anak warga desa Pancot sangat antusias dan semangat dalam kegiatan bimbingan belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline