Lihat ke Halaman Asli

yossimonica ocha

profesi saya bernyanyi

Cerita Suka Dan Duka Pengalaman Kerja di Retail Fashion Butik Batik

Diperbarui: 12 Oktober 2024   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengalaman pertama kali bekerja di retail fashion batik menjadi momen yang penuh dengan tantangan, pembelajaran, dan kejutan terutama belum pernah terjun langsung dalam industry ini sebelumnya. Ini hari pertamaku di sebuah toko batik membuatku terpesona, takjub dengan deretan kain-kain indah beraneka motif,warna-warna cerah, corak yang unik dan yang punya arti Sejarah dan filosofi mendalam. Disini aku belajar tentang mengenal berbagai macam bahan dan model, dari yang membedakan mana bahan sutra, katun, dan katun viscose. Kesulitan awal sudah kurasakan untuk membedakan bahan sutra dan katun viscose bisa dibilang hampir sama untuk orang yang sama sekali tidak bisa membedakannya hehe. Karna batik bukan hanya sekedar kain tetapi karya seni yang penuh makna. Selain itu diisi dengan pelatihan singkat tentang jenis batik, cara merawatnya, serta bagaimana melayani pelanggan.

Pelatihan singkat itu membuka mataku tentang batik yang lebih luas. Pada awalnya, mungkin ada perasaan sedikit gugup saat berinteraksi dengan pelanggan memahami selera mereka dan menjelaskan perbedaan antara motif parang,kawung,mega mendung bisa jadi tantangan tersendiri. Ada rasa bangga Ketika berhasil membanu pelanggan menemukan busana batik yang tepat untuk acara tertentu---seperti pernikahan,pesta ataupun acara formal. Selain itu bekerja di retail fashion butik batik memberikan wawasan tentang tren fashion lokal yang terus berkembang serta bagaimana batik dapat terus dipadukan dengan gaya modern tanpa kehilangan nilai tradisionalnya.

Lalu belajar mengatur stock barang IN maupun OUT barang sesuai arahan SOP yang berlaku, membuat laporan sales harian, mengirim laporan sales bulanan via email, membuat surat jalan permintaan stock atk toko ke office, belajar berkreasikan bahan batik untuk dijadikan pakaian pada patung display, menginput dan mendisplay koleksi barang baru, belajar melakukan system kasir dan mengerti system payment QRIS,EDC,Cash,Redeem voucer dll, serta melayani berbagai tipe pelanggan hingga menangani situasi-situasi tak terduga adalah bagian dari pengalaman ini.

Ini pertama kalinya aku bekerja dibutik batik, dunia yang sama sekali asing bagiku. Ada beberapa suka dan dukanya selama bekerja yaitu:

Sukanya:

Terpesona dengan keindahan batik, Kesempatan banyak belajar tentang budaya batik, Pengetahuan yang dalam mempelajari kain bahan,corak,menginput barang,dan belajar cara merawat cuci khusus batik, mencapai sales target perbulannya, dll.

Berinteraksi dengan berbagai tipe pelanggan,

Membantu pelanggan menemukan baju Impian, melihat senyum puas diwajah pelanggan saat mereka menemukan baju batik yang pas dan sesuai dengan selera mereka, membuatku merasa bangga dan aku merasa telah membantu mereka menemukan bagian dari budaya Indonesia yang indah.

Peka terhadap diskon toko yang berlaku,

Saya serta tim toko diwajibkan lebih peka terhadap diskon toko untuk para pelanggan. Contohnya: khususnya pengguna Debit/Kredit Card BCA diskon 10% all item, diskon 17% pas HUT RI 17agustus dan juga ada diskon 50-70% untuk barang discontinue, dll.

Dukanya :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline