Lihat ke Halaman Asli

Orang Tua Siswa Keluhkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi, Mahasiswa Ikut Andil Mencari Solusi

Diperbarui: 15 Juli 2021   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tangkapan layar


Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia telah membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek kehidupan  yang terkena dampak pandemi Covid-19 adalah bidang pendidikan. Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah (BDR) Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Berdasarkan Surat Edaran tersebut disebutkan bahwa terdapat empat tujuan pelakasanaan Belajar Dari Rumah (BDR) yakni memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidika, dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.

Namun banyak orang tua yang mengeluh dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Para orang tua menganggap kegiatan belajar mengajar di masa pandemi menjadi sangat tidak efektif. Ditambah lagi dengan cara mengajar guru yang terkesan monoton membuat anak menjadi kesulitan dalam mencerna materi pelajaran.

“Belajar secara online tuh menurut saya sih kurang efektif, karena anak menjadi tidak tahu apa-apa. Gurunya kan hanya memberikan foto materi pembelajaran saja, terus nanti anak diminta untuk mengerjakan tugas. Nah jadinya kan anak saya kebingungan.” Ucap salah satu orang tua siswa.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa seharusnya guru lebih kreatif lagi dalam mengajar di masa pandemi ini agar dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

“Gurunya sih sempet nawarin buat pake zoom, tapi banyak yang nolak karena belum pada ngerti cara menggunakannya.Ya harapan saya sih gurunya lebih kreatif lagi lah gimana caranya supaya anak tuh bisa paham sama materi yang diajarkan supaya tidak kesulitan dalam mengerjakan tugas.”

Melihat hal tersebut, mahasiswa KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021 melalui program “Penguatan Pembelajaran Daring dan Pendampingan Pembelajaran Daring Siswa” membuat media pembelajaran berupa video pembelajaran animasi berbasis digital. Video pembelajaran ini akan dibagikan di grup WhatsApp siswa dan juga akan diunggah ke YouTube sehingga siswa dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Dengan dibuatkannya video pembelajaran animasi berbasis digital diharapkan dapat membantu guru dalam mengajar secara daring serta dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar siswa sehingga siswa menjadi tidak malas sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline