Lihat ke Halaman Asli

Orangtua dan Bullying di Sekolah

Diperbarui: 13 Maret 2024   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

bullying atau perundungan sedang marak terjadi di sekolah. ada beberapa faktor penyebab terjadinya bullying di sekolah. salah satu diantaranya yaitu faktor keluarga. peserta didik yang berasal dari keluarga yang bermasalah pasti memiliki potensi melakukan aksi bullying di sekolah. maka dari itu lingkungan keluarga sangat penting untuk memulai mencegah terjadinya bullying di sekolah. 

sebagai orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya namun terkadang orang tua entah itu suami istri terkadang mempunyai permasalahan sendiri di keluarga. disinilah pentingnya orang tua memberi contoh kepada anak. jangan sampai anak meniru apa yang dilakukan oleh orang tua karena semua berasal dari dalam diri sendiri. apabila anak melihat tindakan kasar atau perkataan kasar akan terekam dibenaknya dan dapat dilakukannya kepada orang lain seperti teman.

peran orang tua sangat penting dalam karakter dasar anak. dilingkungan keluarga anak harus mendapatkan perasaan yang aman dan nyaman terlindungi serta bahagia. agar hal positif tersebut dapat juga tercipta di lingkungan sekolah. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline