Lihat ke Halaman Asli

Yosi DiahPramesthi

Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Cashless Society, Inovasi Transaksi di Masa Kini

Diperbarui: 8 Januari 2022   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Cashless merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai, baik itu uang tunai logam maupun kertas. Cashless mengacu pada pembayaran yang berbentuk digital. Dalam menyebarluaskan penggunaan sistem pembayaran cashless, konsep cashless society pun dicetuskan. Cashless society sendiri berarti masyarakat tidak lagi menggunakan uang tunai dalam setiap transaksi finansialnya. Seluruh transaksi pembayaran cashless menggunakan sarana elektronik seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti ebanking, e-commerce, atau e- payment.

Transaksi cashless dengan e-wallet atau e-money sebenarnya sangat positif dan lebih memudahkan. Akan tetapi, ada hal yang harus diperhatikan karena cashless sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Adapun kelebihan dari cashless adalah sebagai berikut:

1. Praktis

Dengan bertransaksi secara cashless, para penggunanya tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk bertransaksi. Apalagi jika bertransaksi dalam jumlah yang besar, pengguna cashless hanya perlu menggunakan transaksi digital yang sudah tersedia. Hal ini juga bisa meminimalisir adanya tindakan kriminal.

2. Keamanan yang terjaga

Membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak sangat beresiko. Apalagi jika kalian sedang berpergian jauh seperti ke luar negeri. Bertransaksi secara cashless bisa jadi pilihan yang tepat karena bisa meminimalisir adanya tindak kejahatan yang ada. Jika kehilangan uang elektronik, akun kalian bisa diblokir dan uang tetap aman. Berbeda dengan hilangnya uang fisik yang belum tentu kembali.

3. Menghemat waktu

Cashless juga merupakan inovasi tepat dalam era yang serba cepat ini. Dalam bertransaksi secara cashless, penggunanya tidak perlu lagi mengantri terlalu lama untuk bertransaksi karena dalam konsep cashless semuanya serba cepat dan mudah. Hanya tinggal klik atau menggesek kartu, transaksi sudah berhasil dilakukan. Para pengguna cashless pun juga tidak perlu menunggu kembalian yang sedikit memakan waktu lama, karena bertransaksi dengan metode cashless semua pembayaran bersifat pas.

4. Mendapatkan banyak promo dan cashback

Hal ini merupakan salah satu benefit yang paling menguntungkan pengguna cashless karena banyak penyedia uang elektronik yang bekerja sama dengan vendor-vendor seperti restoran, minimarket, dan coffee shop, dan masih banyak lagi. Keuntungan berupa diskon dan cashback ini juga merupakan bagian dari penggalakkan penggunaan cashless agar semakin banyak orang yang bertransaksi secara cashless sehingga perputaran uang dalam negara semakin cepat.

5. Semua transaksi tercatat dengan detail

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline