Lihat ke Halaman Asli

YOSI RAMADONA M.Sn

GURU & DOSEN

LK 1.2 Tabel Eksplorasi Penyebab Masalah

Diperbarui: 23 Januari 2024   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

No.

Masalah yang telah  diidentifikasi

Hasil eksplorasi penyebab masalah

Analisis eksplorasi penyebab masalah

1.

Kurangnya motivasi siswa dalam  belajar

Kajian literatur :

  • Menurut Eman Nataliano. (2023). Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan. Vol 2. 
  • Siswa yang kurang antusiasi dalam belajar seringkali merupakan akibat dari kurangnya kemampuan, sehingga menyebabkan mereka tidak berusaha untuk memanfaatkan kemampuannya.
  • Pendapat tersebut diperkuat oleh Megayanti. 2016. Basic Education.Vol. 5. No. 30. 
  • Faktor intrinsik penyebab siswa malas belajar meliputi kurangnya motivasi dalam diri siswa, pola makan yang kurang baik, suasana hati siswa yang buruk, minat terhadap mata pelajaran tertentu, dan bakat yang dimiliki siswa. Faktor ekstrinsik meliputi sikap orang tua yang kurang memberikan dukungan, sikap guru dalam mengajar, suasana belajar yang tidak kondusif,dan sarana belajar dirumah yang kurang memadai.
  • Ina Magdalena1, Shifa Fauziah2, Putri Widiya Sari3, Nesfi Berliana4. Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru.
  • Menurut mereka Faktor-Faktor yang mempengaruhi dalam belajar adalah sebagai berikut:
  • Faktor internal: faktor kesehatan,faktor psikologis meliputi minat,bakat,motivasi,konsentrasi,
  • Faktor eksternal,yaitu cara orang tua mendidik,suasana rumah, relasi antar anggota kelurga,suasan rumah.
  • Faktor sekolah

Sumber Wawancara dengan Guru/Kepala Sekolah/ Pengawas Sekolah/Rekan Sejawat di Sekolah:

 

  • Aslindawati, S.Pd.,MM. Kepala Sekolah SMAN 14 Pekanbaru
  • Ada beberapa faktor penyebab siswa tidak serius dalam belajar diantaranya karena kurang motivasi dan kesadaran dari dalam dirinya, minat terhadap mata pelajaran tertentu, juga bisa timbul  dari faktor pola makan yang kurang baik sehingga susah untuk fokus belajar. Motivasi dari keluarga juga sangat diperlukan supaya siswa semangat belajar.
  • Zulfa S.Pd Waka Kesiswaan/guru di SMAN 14 Pekanbaru

Siswa tidak fokus belajar disebabkan faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, seperti: malas dan mengantuk. Jika sudah malas dan mengantuk maka siswa/i tidur di meja atau permisi keluar kelas dengan alasan ke wc, tapi keluar kelas malah menonton kegiatan olahraga bahkan ikut bermain bola. Hal ini terjadi karena siswa tersebut menyukai pelajaran olahraga. Harusnya dalam masalah ini guru harus lebih kreatif dengan model pembelajarannya, seperti: jangan kaku dan diselingi game/permainan.

Dari kajian literatur dan hasil wawancara, maka siswa yang tidak serius dalam belajar disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Kurangnya kemampuan siswa dan tidak berusaha belajar lebih giat.
  • Kurangnya motivasi dari dalam diri siswa, seperti:
  • Pola makan yang tidak baik. Siswa tidak akan  bisa mengikuti pelajaran dalam kondisi perut lapar.
  • Siswa tidak sehat atau ada penyakit serius
  • Siswa mengantuk
  • Suasana hati yang buruk.Siswa tidak akan bisa fokus belajar jika suasana hatinya sedang sedih atau kecewa.
  • Siswa minat dan bakatnya ada pada mata pelajaran lain, contoh: olah raga
  • Kurangnya dukungan orang tua terhadap siswa
  • Suasana rumah yang tidak kondusif untuk belajar
  • Sikap guru yang tidak baik, seperti: angkuh, kasar, tidak memberi kesempatan siswa bertanya, dll
  • Guru yang kurang kreatif sehingga belajar terasa membosankan
  • Suasana sekolah yang tidak nyaman.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline