Lihat ke Halaman Asli

Yoshua Markus Mariwu

Digital Marketing Specialist

Natal Bersama Warga Binaan Lapas Cipinang dan BRC Foundation

Diperbarui: 6 Desember 2023   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: seksi dokumentasi panitia natal lapas cipinang

Sebab natal tak akan berarti tanpa kasih-Mu lahir di hatiku. Hanya bersama-Mu, Yesus, ku rasakan selalu indahnya natal di hatiku.

Itulah sepenggal lirik yang dinyanikan oleh komsel Imanuel di acara natal lapas narkotika pada tanggal 5 Desember 2023. Komsel Imanuel adalah sebuah komunitas kecil yang beranggotakan 10-15 penghuni lapas beragama kristen.

Berapa Jumlah Warga Binaan di Lapas Narkotika Cipinang?

Menurut informasi yang saya terima, terdapat sekitar 3000 warga binaan yang sekarang ini berada di dalam Lapas Narkotika Cipinang. Sementara untuk warga binaan yang beragama kristen dan katolik berjumlah sekitar 150 warga, atau sekitar 4-5 persen dari total warga binaan.

Siapakah yang Mengatur Acara Natal Ini?

Bagian dalam lapas narkotika. Sumber: Panitia natal

Acara natal yang diadakan di Lapas Narkotika ini hampir sepenuhnya diatur oleh warga binaan itu sendiri. Mulai dari dekorasi, dokumentasi, susunan acara, sampai penerima tamu. Kendati demikian, acara natal bisa dibilang sukses, dan saya merasa tidak ada yang kurang.

Peran BRC Foundation Dalam Acara

Regina Vervat. Sumber: Panitia natal lapas narkotika 

Dalam acara natal di Lapas Narkotika ini, BRC dan tim diundang sebagai pengisi acara, termasuk pemimpin pujian, dan khotbah.

Regina Vervat, selaku Co-Founder BRC, dalam khotbahnya mengajak warga binaan untuk membaca Alkitab secara rutin. Bukan hanya itu, wanita yang berkewarganegaraan Belanda ini juga menantang untuk membaca Alkitab sampai habis dari Kejadian sampai Wahyu.

Apa Itu BRC Foundation?

BRC Foundation adalah singkatan dari Bible Reading Community, sebuah yayasan yang bermarkas di Belanda. Kegiatan rutin BRC adalah mengajak atau mendorong banyak orang untuk membaca Alkitab. Saat berita ini ditulis, BRC sudah memiliki ratusan anggota dari Indonesia dan manca negara.

Anggota BRC dibagi ke dalam beberapa grup, dikelompokan menurut bahasa dan usia. Kegiatan sehari-hari mereka adalah membaca Alkitab setidaknya 3 pasal per hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline