Lihat ke Halaman Asli

Yoshua Markus Mariwu

Digital Marketing Specialist

Arti ZMOT (Zero Moment of Truth) dan Bagaimana Memanfaatkannya di Tahun 2023

Diperbarui: 29 Agustus 2023   04:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Ilustrasi rawpixel.com on Freepik

ZMOT (Zero Moment of Truth) adalah konsep pemasaran yang menggambarkan perilaku konsumen yang terlebih dahulu melakukan riset online untuk mendapatkan informasi, ulasan, perbandingan, dan testimoni tentang produk atau layanan tertentu sebelum melakukan transaksi.

Pencarian online, ulasan produk, perbandingan harga, dan testimoni dari pengguna lain (second moment of truth) dapat memengaruhi keputusan pembelian mereka. Oleh karena itu, penting bagi merek dan penjual untuk hadir secara kuat dalam momen ini dengan konten yang relevan dan informatif untuk memengaruhi persepsi positif calon konsumen sebelum mereka melakukan transaksi atau membeli (first moment of truth).

Cara Memanfaatkan ZMOT (Zero Moment of Truth):

Dibutuhkan daya tarik dan kehadiran online yang kuat untuk memanfaatkan Zero Moment of Truth dan memenangkan persaingan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Optimasi SEO

Pastikan website Kamu dioptimasi dengan baik untuk mesin pencari agar mudah ditemukan oleh calon konsumen saat mereka mencari informasi mengenai produk atau layanan yang Kamu tawarkan. Gunakan kata kunci yang relevan, mobile friendly, dan hosting yang cepat.

2. Kehadiran CS yang Cepat Tanggap:

Akui saja, banyak calon konsumen yang malas membaca. Mereka lebih memilih bertanya langsung kepada penjual menggunakan fitur chat. Pastikan website-mu memiliki tombol yang mengarah ke customer service, dan balaslah percakapan dengan cepat. Yang Saya maksud cepat adalah cepat. Jangan biarkan calon konsumen menunggu balasan darimu selama lebih dari 1 menit.

3. Konten Berkualitas

Buatlah konten yang informatif dan bermanfaat terkait produk atau layanan yang Kamu tawarkan. Konten bisa berupa artikel, ulasan, panduan, atau video tutorial.

4. Manfaatkan Media Sosial

Kelola media sosial dengan aktif, dan buatlah konten-konten dengan visual yang menarik terkait produk atau layanan yang Kamu tawarkan. Konten berupa video lebih diutamakan karena lebih bagus untuk meningkatkan engagement.

Jangan sia-siakan komentar dari audiens. Balas dan berinterakasilah dengan mereka secara profesional untuk meningkatkan kepercayaan dan reputasi yang positif, dan memperluas jangkauan kontenmu.

5. Iklan Google

Gunakan iklan Google agar website atau halaman produk atau layanan yang Kamu tawarkan bisa berada di halaman pertama, atau kalau bisa posisi pertama di halaman pertama. Pastikan judul dan deskripsi iklan memiliki daya tarik dan memiliki pesan yang jelas.

6. Iklan Media Sosial

Gunakan iklan menargetkan mereka yang pernah mengunjungi website-mu. Konten iklan lebih baik berupa video yang menarik yang menjelaskan produk atau layanan dengan lebih jelas lagi, keuntungannya, atau masalah apa yang bisa diselesaikan apabila menggunakan produk atau layananmu.

8. Testimoni dan Ulasan Positif

Apabila ada konsumen memberikan testimoni atau ulasan positif, jadikanlah sebagai konten untuk diunggah di media sosial, dan jangan lupa mention si pemberi testimoni di kolom caption. Ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan, reputasi, dan membuktikan kalau testimoni tersebut bukan testimoni tipu-tipu.

7. Press Release

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline