Lihat ke Halaman Asli

Masyarakat Indonesia Yakin Ekonomi, Dapat Membaik Jika BBM Tidak Naik

Diperbarui: 4 Juli 2022   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

BBM merupakan suatu sumber energi yang sekarang menjadi hal yang terpenting untuk masyarakat. Bahan bakar suatu kendaraan bisa didapatkan di minyak bumi yang merupakan satu-satunya sumber energi yang tidak diperbarui . dan Bahan bakar ialah suatu hal apa saja yang dapat beubah jadi energi.  

Seperti biasa yang didalamnya terdapat suatu energi panas yang bisa dimanipulasi dan dilepaskan  banyaknya bahan bakar untuk manusia melewati mekanisme pembakaran yang mana bahan bakar itu tidak terlepas dari panas sesudah direaksikan dari oksigen di udara. Yang termasuk pada kategori bbm ialah bensin, Pertamax  dan Pertalite.

Pada naiknya harga BBM pastinya sangat berpengaruh pada berbagai macam aktivitas ekonomi masyarakat, dan lebih luasnya lagi berarti berimplikasi pada ekonmi makro ekonomi yang ada di indonesia. 

Naiknya harga BBM memiliki pengaruh eksponensial pada macam-macam indicator ekonomi makro, yang setiap jangka waktunya dinikmati dari macam-macam kalangan masyarakat Indonesia terutama kalangan umum, dan kalangan menengah di bawah, terkhusus pada masyarakat miskin. 

Banyaknya kondisi dan fundamental yang berasal dari ekonomi makro telah terlihat dari indikator antara lain:

1. Perkembangan perekonomian

2. Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara

3. Terdepresiasinya Mata Uang

4. Kenaikan Harga Barang-barang

5. Tingkat Pengangguran dan Kemiskinan

Menurut Samuelson, 2004), pakar ekonomi sudah banyak menerangkan terkait dari harga dan permintaan yang masuk pada harga di ekonomi makro. Harga ialah suatu hal yang paling disukai dari masyarakat yang mempunyai negara berkembang dan miskin saat dipengaruhi oleh permintaan pada barang atau komoditi yang ditentukan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline