Lihat ke Halaman Asli

Yose Revela

TERVERIFIKASI

Freelance

Olimpiade Paris, Potret Realistis Mentalitas Toksik

Diperbarui: 8 Agustus 2024   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris saat dilepas Presiden Jokowi di Istana Negara (Tribunnews.com)

Menuju garis finis Olimpiade Paris 2024, kontingen Indonesia baru meraih satu medali perunggu. Medali ini diraih, setelah Gregoria Mariska Tunjung mendapat "bye" di perebutan medali perunggu cabor bulutangkis kategori tunggal putri, menyusul cedera lutut Carolina Marin (Spanyol) di babak semifinal.

Prospek meraih medali lebih banyak juga terlihat suram, karena setelah panahan, atletik dan bulutangkis tutup buku, kontingen Indonesia tinggal berlaga di cabang olahraga panjat tebing, angkat besi, dan balap sepeda, yang masing-masing diwakili oleh Veddriq Leonardo (panjat tebing), Bernard van Aert (balap sepeda), dan Rizki Juniansyah (angkat besi).

Dari performa secara umum, terlepas dari aneka gangguan teknis maupun nonteknis selama Olimpiade, kita sudah sedikit melihat bersama, separah apa kebobrokan tata kelola di olahraga nasional secara umum, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Tentu saja, ada banyak pro dan kontra dan pembahasan soal ini, lengkap dengan argumentasi masing-masing. Tapi, Olimpiade menjadi satu panggung pertunjukan sempurna, soal separah apa mentalitas toksik oknum pejabat dan politisi di negeri ini.

Seperti diketahui, jika ada atlet Indonesia meraih medali emas, apalagi di ajang pesta olahraga sekelas Olimpiade, ada begitu banyak oknum pejabat dan politisi yang tanpa malu-malu "pansos" di sana.

Entah di media sosial atau baliho jalanan, para oknum ini berlomba-lomba menampilkan foto wajah sebesar mungkin, biasanya sampai jauh lebih besar dari sang atlet berprestasi. Tak ada sedikitpun rasa malu, karena mereka memang mendompleng euforia dan banjir pujian dari masyarakat.  

Tapi, ketika tak ada medali emas, para petinggi ini berlagak seperti tak terjadi apa-apa, bahkan Agung Firman Sampurna, Ketua PBSI, tanpa malu-malu menyebut  para pemain "tidak siap mental" menghadapi Olimpiade Paris.

Konyolnya lagi, sang Ketua PBSI hanya mengucapkan "Terima kasih" dan "mohon maaf", atas catatan nyaris nihil medali, di sebuah cabor yang cukup rutin menyumbang medali buat Indonesia di Olimpiade.

Andai Indonesia tidak mendapat "bye" dan Carolina Marin tidak cedera, mungkin ceritanya bisa berbeda. Belum tentu medali perunggu didapat, dan jika itu terjadi, para pemain akan semakin jadi sasaran tembak PBSI untuk disalahkan.

Mentalitas seperti ini, ditambah dukungan yang terkesan serba seadanya di tahap persiapan maupun kualifikasi menuju Olimpiade, telah menciptakan satu kesan "kacau", karena event level dunia seperti Olimpiade  malah terkesan kurang diprioritaskan, bahkan jika dibanding SEA Games atau Asian Games, terutama jika Indonesia jadi tuan rumah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline