Lihat ke Halaman Asli

Yose Revela

TERVERIFIKASI

Freelance

Timnas Indonesia Rindu Juara, Sebuah Narasi Salah Kaprah

Diperbarui: 3 Juli 2024   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Indosport.com)

Dalam sepak bola nasional, khususnya yang berkaitan dengan Timnas Indonesia, ada cukup banyak prediksi rasa ekspektasi, dan narasi bias, yang kadang rancu. Salah satunya narasi "Rindu Juara".

Sepintas, narasi ini terdengar logis, karena salah satu tujuan berkompetisi adalah menjadi juara. Dalam KBBI, kata "rindu" juga berarti "sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu".

Tapi, kalau konteksnya olahraga, termasuk sepak bola, "Rindu Juara" adalah satu frasa yang relevan, hanya jika sebuah tim pernah menjadi juara. Misalnya, jika Bobotoh, Jakmania atau Bonek yang mengatakan, karena Persib, Persija dan Persebaya sama-sama pernah juara Liga Indonesia.

Di cabor bulutamgkis, frasa "Rindu Juara" adalah satu hal yang relevan, karena Indonesia pernah meraih berbagai prestasi kelas dunia, misalnya juara Piala Thomas, Uber, All England dan Olimpiade. Rekam jejak sejarahnya pun panjang dan tegas.

Jadi, ketika frasa "Rindu Juara" dialamatkan kepada Timnas Indonesia senior, frasa ini menjadi rancu. Apalagi, tolok ukur prestasi sebuah tim nasional biasa dilihat dari prestasi di level senior, bukan kelompok umur. 

Pertanyaannya simpel, memangnya Timnas Indonesia senior  pernah juara di turnamen mayor internasional?

Jawabannya jelas belum. Jangankan juara, bisa lolos dari fase grup Piala Asia saja baru sekali terjadi. Itupun langsung rontok Di babak gugur .

Piala Dunia? Lebih parah lagi, karena Indonesia belum pernah lolos ke Piala Dunia sejak berstatus negara merdeka.

Kalaupun pernah lolos, itu terjadi di Piala Dunia 1938, ketika Indonesia masih bernama Hindia Belanda, dan berstatus wilayah koloni Belanda. 

Penampilan tunggal Indonesia sebagai wakil Asia pertama di Piala Dunia kala itu juga langsung selesai di putaran pertama, setelah dihantam Hongaria 6-0.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline