Lihat ke Halaman Asli

Yose Revela

TERVERIFIKASI

Freelance

Belum Saatnya Bicara Pacuan Juara, Reds!

Diperbarui: 2 Oktober 2023   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekspresi penyerang Liverpool, Cody Gakpo, mengalami kesakitan seusai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (30/9/2023). (Foto: RYAN PIERSE/AFP via kompas.com) 

Judul di atas adalah satu pendapat saya, setelah melihat performa Liverpool di pekan-pekan awal Liga Inggris musim 2023-2024. Meski hanya sekali imbang dan sekali kalah di 7 pertandingan awal, masih ada beberapa aspek yang butuh peningkatan.

Memang, The Kop sudah menunjukkan peningkatan cukup signifikan dibanding periode yang sama di musim lalu. Mulai dari kembalinya "mentalitas monster" tim, sampai transfer "Rebuild" lini tengah yang efektif, semuanya benar-benar mengubah wajah tim.

Tapi, kekalahan 1-2 dari Tottenham Hotspur, Sabtu (30/9), ditambah ketatnya gap poin di papan atas klasemen sementara, membuat mereka perlu fokus pada target awal finis di posisi empat besar.

Bukan berarti Mohamed Salah dkk tidak kapabel, tapi karena tim ini masih bertransisi setelah satu siklus generasi mereka "habis" musim lalu. Ada sistem yang coba kembali dibangun, dan masih belum sempurna.

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, The Reds banyak mengandalkan sektor sayap sebagai senjata, dengan variasi tusukan individu atau kiriman paket umpan silang. Senjata lama ini memang cukup ampuh di sejumlah kesempatan, tapi sudah mulai khatam dibaca tim lawan.

Karenanya, tim asuhan Juergen Klopp belakangan mulai coba menghidupkan lini tengah, dengan mendatangkan Alexis MacAllister (Argentina), Dominik Szoboszlai (Hongaria) dan Ryan Gravenberch (Belanda) yang punya kreativitas plus talenta menjanjikan.

Potensi ini diimbangi dengan pengalaman seorang Wataru Endo (Jepang) yang secara tak terduga diboyong di musim panas. Dengan demikian, akan ada dua area yang jadi motor permainan tim. Kalau salah satunya macet, masih ada yang bisa menggantikan.

Secara performa, MacAllister dan Szoboszlai memang sangat bagus, karena mereka sudah bergabung sejak pramusim.  Jadi, mereka sudah lebih dulu beradaptasi, dan terlihat cair saat kompetisi bergulir.

Adaptasi ini masih belum tuntas dijalani oleh Endo dan Gravenberch, yang sama-sama baru bergabung di akhir bursa transfer, tepatnya saat kompetisi sudah mulai bergulir.

Selain keduanya, lini tengah Liverpool juga masih punya Stefan Bajcetic dan Thiago Alcantara yang masih belum fit usai cedera, ditambah Harvey Elliott dan Curtis Jones, yang melewatkan sebagian periode pramusim karena tampil di Euro U-21 bersama Timnas Inggris.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline