Lihat ke Halaman Asli

Yose Revela

TERVERIFIKASI

Freelance

Kita, Candrabirawa, dan Pandemi Corona

Diperbarui: 22 Mei 2020   14:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Candrabirawa (wayangindonesia.web.id)

Jelang akhir Perang Bharatayuda, Prabu Duryudana menunjuk Prabu Salya sebagai panglima perang kubu Kurawa. Prabu Salya menjadi panglima perang, setelah Adipati Karna gugur dalam perang tanding melawan Arjuna.

Meski sebenarnya sudah mulai terdesak, akibat sudah kehilangan banyak tokoh kunci yang sakti, seperti Resi Bisma, Resi Durna, dan Adipati Karna, keberadaan Prabu Salya sebagai panglima perang tetap memberikan sedikit harapan.

Maklum, selain sakti dan sarat pengalaman, Prabu Salya dihormati pihak Pandawa dan Kurawa. Di pihak Pandawa, Prabu Salya merupakan paman para Pandawa. Ia adalah kakak Dewi Madrim, ibu si kembar Nakula dan Sadewa. Di sisi lain, Prabu Salya adalah ayah Dewi Banowati, istri Prabu Duryudana. Dengan kata lain, ia adalah ayah mertua Prabu Duryudana.

Inilah yang membuat pihak Pandawa merasa segan dengan Prabu Salya. Apalagi, di medan perang Bharatayuda, Prabu Salya mengeluarkan ajian Candrabirawa, yang berwujud sesosok raksasa ganas dan sakti.

Amukan Candrabirawa di Padang Kurusetra, mampu membuat pihak Pandawa kewalahan. Akhirnya, Bima dan Arjuna harus turun tangan. Pada satu kesempatan, panah Arjuna berhasil melukai tubuh Candrabirawa. Di kesempatan lain, gada Bima juga berhasil menghantam Candrabirawa.

Tapi, bukannya mati, tiap tetes darah yang keluar dari luka di tubuh Candrabirawa berubah menjadi Candrabirawa baru. Jadi, bukannya habis, jumlah Candrabirawa malah bertambah banyak setiap dilukai. Inilah keistimewaan ajian Candrabirawa. Pihak Pandawa pun makin kewalahan.

Melihat gelagat kurang baik ini, Prabu Kresna lalu bergegas membawa Prabu Puntadewa ke medan perang. Sebagai seorang titisan Dewa Wisnu, ia mengetahui, Prabu Salya dan ajian Candrabirawa hanya bisa dikalahkan, oleh kesatria berdarah putih, yakni Puntadewa alias Yudistira, si sulung dari Pandawa Lima.

Singkat cerita, Prabu Salya akhirnya dapat dikalahkan dan gugur di tangan Puntadewa. Bersamaan dengan itu, Candrabirawa lenyap tanpa bekas. Takdir ini merupakan perwujudan kutukan Resi Bagaspati, mertua Prabu Salya, atas kesalahan yang dilakukan Prabu Salya di masa lampau, saat dirinya masih bernama Raden Narasoma.

Cerita di atas, merupakan ringkasan cerita, pada salah satu lakon dalam babakan Perang Bharatayuda versi pewayangan Jawa. Dalam pewayangan Jawa, lakon gugurnya Prabu Salya merupakan salah satu lakon di babak "Rubuhan", babak ke 9 dari 10 babak Perang Bharatayuda.

Jika melihat lagi alur cerita pada lakon di atas, entah kenapa, saya melihat tokoh Arjuna, Bima, Puntadewa, Candrabirawa, dan Prabu Kresna, cukup relevan dengan situasi sekarang.
Dalam hal ini, situasi di masa pandemi Corona, khususnya di Indonesia.

Secara kebetulan, Candrabirawa menampilkan sifat virus Corona, antara lain, ganas dan bisa menambah jumlah dirinya. Bima dan Arjuna mewakili mereka yang  sebenarnya bisa mengatasi masalah, dengan kemampuan yang dimiliki, tapi justru membuat masalah itu makin rumit, karena mereka hanya berpikir pendek.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline