Lihat ke Halaman Asli

Yose Revela

TERVERIFIKASI

Freelance

Menuju Derby Madrid

Diperbarui: 8 April 2018   07:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: Detik.com

Pada akhir pekan ini, tersaji tiga laga Derby menarik, yang melibatkan klub dari tiga kota besar Inggris, Spanyol. Di Inggris, ada "Merseyside Derby" antara Everton melawan Liverpool (berakhir dengan skor 0-0), di Goodison Park, dan "Manchester Derby", antara Manchester City melawan Manchester United (2-3) di Etihad Stadium. Di Spanyol, ada "El Derbi Madrileno", yang mempertemukan Real Madrid dan Atletico Madrid, di Estadio Santiago Bernabeu.

Diantara ketiga partai "Derby" ini, laga "Derby Madrid", Minggu (8/4, malam WIB), adalah laga yang menurut saya paling menarik. Karena, laga ini mempertemukan dua tim dengan kondisi serba mirip. Ya, baik El Real (posisi 3, nilai 63) maupun Atleti (posisi 2 nilai 67), sama-sama ingin menjaga peluang meraih gelar juara liga, dan sama-sama sedang dalam performa cukup bagus.

Menariknya, bintang utama kedua tim, juga sama-sama sedang tajam. Di Atletico, ada Antoine Griezmann, yang kembali rajin mencetak gol, sejak ditandemkan dengan Diego Costa. Sementara itu, Cristiano Ronaldo juga sedang rajin mencetak gol bersama El Real, termasuk sepasang gol ke gawang Juventus tengah pekan lalu.

Di lini pertahanan, ada Keylor Navas (Real Madrid), yang akan beradu tangkas dengan Jan Oblak (Atletico). Kedua kiper berkualitas ini, akan dibantu lini pertahanan, yang masing-masing dikomandani Sergio Ramos (Real Madrid) dan Diego Godin (Atletico).

Dari sisi taktik, laga ini amat menarik. Karena, ini akan menjadi arena bertanding dua pelatih jenius; Diego Simeone (Atletico), dan Zinedine Zidane (Real).  Mengingat sudah kembali tajamnya CR7 dan Griezmann, boleh jadi kedua pelatih akan mengoptimalkan kemampuan kedua pemain bintang ini. Supaya, mereka bisa menjalankan peran dengan sebaik mungkin, baik dalam hal taktik, maupun kemampuan memberi dampak positif buat tim. Dari keampuhan, dan ketepatan strategi keduanya-lah, nasib kedua tim ini akan ditentukan.

Mengingat posisi kedua tim di klasemen saat ini, laga derby ini akan menentukan secara psikologis. Karena, bagi tim yang menang, mereka akan menemukan momentum bagus, untuk mengejar Barcelona (nilai 76) di posisi puncak, dan menjauhi kejaran Valencia (62) di posisi 4, sekaligus menjaga peluang juara liga. Sementara, bagi tim yang kalah, ini akan menjadi tanda tertutupnya peluang juara liga musim ini.

Mengingat posisi klasemen saat ini, boleh jadi mayoritas fans Barcelona akan kompak mendoakan Derby Madrid kali ini berakhir imbang, berapapun skornya. Supaya, Barca bisa semakin nyaman di puncak klasemen.

Memang, laga ini akan berjalan ketat. Tapi, kedua tim jelas sama-sama mengincar kemenangan, demi menjaga gengsi masing-masing, sebagai tim 'penguasa' kota Madrid. Mengingat bakal ketatnya laga ini, detail kecil bisa jadi mempengaruhi hasil akhir pertandingan.

Derby Madrid kali ini akan terasa berbeda. Karena ini adalah laga Derby Madrid, yang akan menentukan bagaimana kelanjutan perjalanan kedua tim, dalam pacuan memperebutkan gelar juara, sekaligus menjadi tim penantang terkuat Barcelona di liga Spanyol musim ini.

Tim manakah, yang akan keluar sebagai pemenang?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline