Lihat ke Halaman Asli

yoseph rafael

surabaya,jawa timur,indonesia

Implementasi Pemikiran yang Mulia Jean Louis Tauran

Diperbarui: 29 Desember 2020   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

wikiwand.com

Ditulis oleh : Yoseph Rafael Parlindungan Aruan

(Mahasiswa Universitas Airlangga Fakultas Ilmu Budaya)

Yang Mulia Jean Louis Tauran ia  kewarganegaraan perancis sekaligus seorang imam agung prancis yang lahir pada tanggal 5 april 1943 di Bordeaux,perancis. Selama hidupnya ia menghabiskan waktunya untuk mengabdikan dirinya kepada allah bapa melalui jalan yang dia pilih sebagai pastor.

Yang mulia jean Louis tauran menjalani pendidikan di berbagai sekolah misalnya, menjalani pendidikan Kepausan di Roma, perguruan tinggi  Katolik Toulouse, Prancis. Yang mulia jean Louis tauran ditsahkan menjadi imam oleh uskup agung marius maziers pada tahun 1969.

Yang mulia jean Louis tauran memiliki moto yang bagus untuk kita contoh dalam kehidupan kita sebagai umat katolik yaitu "Veritate et Caritate" yang artinya untuk kebeneran dan untuk cinta. Nah disini kita dapat menggunakan ke dalam kehidupan sehari hari seperti contoh,

Kita bisa mencontoh tauladan dari yang mulia jean Louis tauran mulai dari sifat sampai dengan moto hidupnya. Dan yang mulia jean Louis tauran menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 5 Juli 2018,di Negara amerika.

Yang mulia Tauran pernah di puji oleh Kardinal Sodano, adalah sebagai contoh yang bagus dari "seorang imam, seorang uskup, seorang kardinal" yang rela berkorban dan menjadi pelayan gereja seumur hidupnya.

Kardinal Sodano pernah berkata dan menyebut Kardinal Tauran sungguh mengimani kata-kata dari Gaudium et Spes dari Vatikan II: "Kerana Tuhan adalah asal dan tujuan semua manusia, kita semua dipanggil untuk menjadi saudara. Oleh tu, kalau kita telah dipanggil menuju takdir yang sama, manusiawi dan ilahi, kita dapat dan kita harus bekerja bersama tanpa kekerasan dan tipu muslihat guna membangun dunia dalam kedamaian sejati."

Menurut imam SVD setempat yang sudah 10 tahun lamanya berkarya di Vatikan itu, Kardinal Jean- Louis Tauran orang yang sangat humanis, gampang bergaul dan humoris, serta mempunyai  pengertian besar dan punya roh diplomat yang tinggi.

Karya karya yang mulia tauran yaitu pernah membantu membangun sinergi atas gereja katolik dan umat muslim,dan tidak kalah penting dalam mengupayakan dialog,perdamaian,kebebasan bagi seluruh umat beragama di dunia. Beliau juga pernah menjadi kepala perpustakaan di vatikan.

Beliau memang tidak meciptakan buku atau hal cetak lainnya, tetapi beliau orang menciptakan suasana yang baik bagi seluruh umat beragama yang ada di dunia ini. Lanjut dengan Pemikiran Pemikiran yang mulia jean Louis tauran yang sangat berguna bagi umat beragama di dunia Yang mulia jean Louis tauran mempunyai banyak pesan dan pemikiran yang membuat umat beragama di seluruh dunia menjadi sadar tentang arti dalam hidup beragama ditengah banyaknya agama di dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline