Mesin Vario 125 cc Digunakan Untuk Mesin Mobil Hybrid UNY (Sumber Gambar: ft.uny.ac.id dan Dokumentasi GURT)
Tahun 2014, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), untuk kedua kalinya mengirim sebagian mahasiswa terbaiknya yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team (GURT) Ke Korea Selatan. Mereka ke Korea untuk mengikuti ajang International Student Green Car Competition (ISGCC). Tim tersebut sekaligus mewakili Indonesia dalam kompetisi mobil balap ramah lingkungan yang populer di Korea Selatan, satu-satunya wakil dari Indonesia.
Keberanian melangkah ke Korea Selatan bukan sekedar “iseng” atau meramaikan saja. Tim GURT melangkah optimis ke Korea setelah 4 tahun berturut-turut menjuarai Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI), dari tahun 2009 hingga 2012. Tahun 2013, GURT juga telah mengikuti ajang ISGCC di Korea, namun “hanya” meraih predikat The Best Creative Technology. Dengan bekal itu, Mereka yakin bisa meraih prestasi yang lebih besar di luar negeri.
Tentunya GURT berangkat ke Korea bukan dengan tangan kosong, Mereka membawa 2 mobil balap ramah lingkungan, yang telah lama dikembangkan di UNY. Memang bukan mobil buatan sendiri, tetapi hasil perakitan yang menggabungkan bebagai komponen. Kecuali rangka dan body dan sistem kontrol elektronik, yang merupakan hasil karya pikiran dan tangan kreatif Mereka. Kedua mobil balap itu adalah mobil Listrik yang bernama EVO (Electric Vehicle Odyssey) dan Mobil Hybrid (Kombinasi motor bakar dan motor listrik) dengan nama HVO (Hybrid Vehicle Odyssey).
Mobil Hybrid HVO Bermesin Vario 125 cc
Mobil Hybrid hasil rancangan dan pengembangan mahasiswa UNY menggunakan 2 jenis motor penggerak, yaitu motor bakar dari mesin Vario 125cc dan sepasang motor listrik (2 x 4000Watt). Tim mobil UNY memilih Honda vario 125 ISS bukan tanpa alasan. Mereka memilihnya karena Honda telah menerapkan teknologi engine fuel injection, ACG starter, water coolant, perhitungan offset engine, long stroke engine yang memiliki karakter mesin yang baik untuk RPM tinggi dan tenaga maksimal serta menguntungkan untuk dikembangkan (sumber).
Mesin Vario 125 CC Untuk Mobil Hybrid UNY (Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi dan GURT)
Fuel Injection Honda memang terkenal hemat bahan bakar, menghasilkan pembakaran yang baik dan outputtenaga maksimal. Hal itu sangat relevan dengan konsep “Green” di International Student Green Car Competition (ISGCC). Dengan teknologi canggih tersebut, Tim optimis mampu memberi “kejutan” pada ajang ISGCC Korea Selatan 2014.
Lagu Indonesia Raya Berkumandang dan Bendera Merah Putih Berkibar di ISGCC Korea Selatan
Tahun 2014, ISGCC Korea berlangsung tanggal 23 – 24 Mei. Perwakilan dari Indonesia, Garuda UNY Racing Team (GURT), benar-benar berhasil memberi kejutan. Di kelas mobil Hybrid, HVO berhasil meraih Juara Pertama Akselerasi dari 15 peserta yang berasal dari berbagai negara. Sedangkan EVO, berhasil meraih Juara Ketiga di kelas mobil listrik, dari 45 peserta yang juga dari berbagai negara benua Asia. Selain itu, GURT juga meraih juara pertama untuk kategori Endurance (ketahanan).
Mobil Hybrid UNY Juara 1 Akselerasi ISGCC 2014 Korea Selatan (Sumber Gambar: Dok. GURT)
Dengan raihan prestasi tersebut, Lagu Indonesia Raya berkumandang dan Bendara Merah Putih berkibar di podium ISGCC Korea Selatan. Sungguh prestasi yang membanggakan, mengharumkan nama Bangsa.