Lihat ke Halaman Asli

M Yusuf Is

Sosialisator Penggerak Literasi Nasional 2022

Menjaga Lingkungan Tetap Lestari adalah Tugas Kita Manusia Sebagai Khalifah di Bumi

Diperbarui: 13 Juli 2024   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar | tugu.com

Menjaga lingkungan agar tetap lestari sudah menjadi tugas mulia kita sebagai manusia. Dalam agama islam manusia adalah Khalifah di bumi. Diciptakan manusia agar dapat menjadi pengelola bumi dengan baik, dengan dianugerahkan akal pikiran yang luarbiasa yang makhluk lain tidak memilikinya.

Ketika ditunjukkan oleh tuhan sebagai khalifah di muka bumi, tentu kita sudah sangat dipercaya oleh tuhan bahwa mampu untuk melakukan yang makhluk lain tidak mampu melakukannya. Walaupun di masa ini kehancuran alam juga akibat ulah tangan manusia yang bahkan di sebutkan dalam satu ayat Al-Quran.

Berbagai cara manusia sebagai khalifah di muka bumi dalam dilakukan, mulai dari hal yang kecil hingga kepada hal yang besar. Hal yang kecil adalah tidak membuang sampah sembarangan, menjaga lingkungan tetap asri, mengurangi penggunaan sampah plastik yang nyatanya menjadi ancaman keberlangsungan makhluk hidup.

Perubahan iklim hari ini adalah sebuah kejadian nyata yang dirasakan oleh umat manusia. Mencairnya es di kutub dan naiknya permukaan laut dan banjir telah menjadi ikon berita yang menghiasi layar televisi dalam sehari-hari. Pemanasan global telah menjadi ancaman nyata untuk keberlangsungan makhluk hidup dalam waktu jangka panjang.

penulis juga ikut merasakan dampaknya terkait dengan perubahan iklim. Beberapa tahun yang lalu penulis berdomisili di sebuah daerah bagian utara aceh dan sejak tahun 2015 berpindah ke sebuah tempat barat daya aceh. Ketika pertama kali kesana derajat panas dalam keseharian lebih terasa sejuk, namun pada akhir-akhir ini sudah terasa panas lebih meningkat daripada tahun-tahun sebelumya. 

Negara-negara asia tenggara termasuk juga negara yang dilanda panas dalam tahun-tahun akhir ini, sejatinya di tahun-tahun sebelumnya jarang sekali kedengarannya hanya di India dan Banglades saja, semakin dekat saja bukan ? efeknya semakin nyata dari tahun ke tahun.

Tentunya kita sebagai khalifah/pemimping/guardian di bumi perlu kerja ekstra melakukan hal-hal kecil terbaik untuk keberlangsungan hidup secara jangka panjang, karena peristiwa-peristiwa itu bukan isapan jempol belaka, tapi semakin menjadi ancaman nyata untuk keberlangsungan hidup makhluk di dunia.

Tetap semangat melakukan yang terbaik walaupun terlihat kecil dan tidak kasat mata, jangan biarkan kondisi saat ini terus berlanjut. Setidaknya kita menjadi bagian daripada perubahan besar dimulai dari hal-hal kecil. Karena suatu hal yang kecil akan menyusun sebuah peradaban besar dalam waktu jangka panjang.

Mengajak orang lain untuk mengubah pola hidupnya kearah yang lebih baik, terus mengampanyekan walaupun terlihat sederhana tidak ada efek yang besar kepada yang lain, tetapi jikalau dilakukan secara bersama-sama makan akan menjadi lonjakan perubahann nyata untuk jangka panjang. 

Semua yang dilakukan itu tidak akan pernah sia-sia, karena akan dinilai oleh tuhan sebagai pahala yang besar untuk kita sebagai khalifah penjaga bumi agar tetap lestari, luarbiasa sekali bukan ? jikalau kita melakukannya adalah karena perintah tuhan. Sungguh hidup sebagai khalifah di bumu tidak pernah disia-siakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline