Lihat ke Halaman Asli

M Yusuf Is

Sosialisator Penggerak Literasi Nasional 2022

Pahami Beberapa Hal Ini Sebelum Melakukan Aktivitas Belanja Online

Diperbarui: 22 Maret 2022   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar | econo channel

Belanja online sudah menjadi trend di tengah-tengah masyarakat dewasa ini. Apalagi saat sedang dilanda covid-19 tentu menjadi sebuah jalan pintas untuk mengurangi mobilitas yang tinggi seperti masa sebelumnya.

Namun sebuah masalah baru muncul ketika kebiasaan tersebut menjadi budaya. Salah satu diantaranya sampah plastik yang dihasilkan dari aktivitas yang di gemari itu.

Nah, Dalam upaya mengurangi limbah yang sejatinya seperti bom waktu yang siap meledak kapan saja. Maka produsen hingga konsumen perlu cara- cara yang jitu untuk mengurangi dampak yang sangat berbahaya dalam masa jangka panjang, diantaranya para produsen wajib melakukan hal berikut:

  1. Para penyedia jasa pengiriman online harus mengurangi penggunaan bahan yang tidak ramah terhadap lingkungan.
  2. Selalu membubuhi nilai anjuran menjaga lingkungan di setiap paket kiriman online untuk para konsumen.
  3. Menjadikan sebagian CSR perusahaan untuk para lembaga pencinta lingkungan di masyarakat, karena hal itu adalah salah satu bentuk tanggungjawab perusahaan kepada lingkungan yang harus selalu terjaga.

Selanjutnya para konsumen belanja online juga harus sangat memperhatikan terkait aktivitasnya itu, beberapa diantaranya yang harus diperhatikan oleh mereka adalah :

  1. Selalu berusaha menjadikan bahan plastik tersebut sebagai bahan yang berguna, layak pakai misalnya mengolahnya menjadi Handycraf, bunga imitasi dan assesoris lainnya.
  2. Mengumpulkan kembali untuk dijual kepada pengumpul loak untuk di daur ulang kembali oleh perusahaan profesional.
  3. Tidak membuang di sembarang tempat karena akan menganggu penguraian tanah dalam waktu jangka panjang.
  4. Jangan berbelanja online terburu-buru kalau barang tersebut tidak terlalu penting dan masih dapat di belanjakan disekitar karena akan meningkatkan perekonomian tetangga di daerahnya.

Demikian ulasan terkait bagaimana agar dapat menjadikan belanja sadar lingkungan. Dengan tindakan seperti itu maka kita telah mendukung Indonesia dalam program G-20.

Semua aktifitas terbaik yang kita lakukan karena kesadaran bahwa "lingkungan yang sekarang ditempati adalah warisan dari anak cucu kita".(*)

(YS)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline