Lihat ke Halaman Asli

M Yusuf Is

Sosialisator Penggerak Literasi Nasional 2022

29 Maret, Menjaga Hari Filateli Indonesia

Diperbarui: 27 Maret 2021   03:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar : perangko classic | www.pinterest.com

FILATELI merupakan kegiatan pengumpulan perangko  juga benda pos lainnya yang di lakoni oleh orang-orang pencinta benda classic, semakin tua umurnya maka akan semakin tinggi nilai tawar benda tersebut. Bahkan mungkin tak ternilai harganya dengan pundi-pundi dollar atau rupiah.

Hari Filateli Indonesia jatuh pada tanggal 29 Maret setiap tahunnya dan itu mulai di tetapkan mulai tahun 1990-an, tanggal ini diambil dari tanggal pendirian POSTZEGELVERZAMELAARS CLUB BATAVIA, perkumpulan kolektor perangko pertama di Indonesia, tepatnya 22 Maret 1922 di Jakarta yang saat itu bernama Batavia ( Sumber  idntime.com ).

Hobi koleksi perangko merupakan salah satu upaya  yang bagus dalam upaya menjaga sejarah bangsa, identitas sebuah negara melalui hobi yang di tekuni oleh warganya, bahwasanya ingin disampaikan pada dunia Indonesia dulu pernah memainkan peranan penting di pentas dunia dalam bidang pengepos-an dan lain-lain sejenisnya.

Maka teruntuk saat sekarang ini, sudah sepatutnya di galakkan kembali hobi-hobi demikian rupa, karena memang sangat jelas manfaat jangka panjangnya. Menjaga keutuhan sejarah melalui hobi yang di tekuni.

Bukan tidak mungkin generasi milenial terlupakan tentang itu, karena budayanya sudah tergeser hobi digital dengan angka-angka numeric. Semua yang berbau classic akan dilupakan dan dianggap asing baginya.

Karena dalam sebuah kata bijak dikatakan bahwasanya ''bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya''  perlu dipahami bahwasanya yang di sebut pahlawan bukan saja pahlawan yang telah dicatat oleh Negara namun pahlawan itu adalah semua pelaku sejarah di masa lalu yang telah meninggalkan sekecil apapun hal-hal positif untuk bangsa dan Negara ini.

Yuk kita lestarikan lagi hobi-hobi classic kita, untuk menjaga keberagaman Indonesia..!!

(YSF)

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline