Lihat ke Halaman Asli

Yosephin Hamonangan Pasaribu

A girl who loves to talk to herself🙋‍♀️

Selamat Jalan "Dewi" Industri Film Bollywood

Diperbarui: 26 Februari 2018   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sridevi Kapoor - Aktris Senior Bollywood

Mungkin bagi Anda pecinta film bergenre Hindi atau Bollywood tak asing dengan sosok ini. Shree Amma Yanger Ayyapan atau dikenal dengan Sridevi meninggal dunia pada Minggu (25/2). Aktris senior ini meninggal dunia saat menghadiri pernikahan sanak keluarganya di Mumbai. Sridevi meninggal karena serangan jantung. Tokoh publik kelahiran 13 Agustus 1963 ini dikenal sebagai aktris yang multitalenta.

Beliau dianggap menjadi 'dewi' film Bollywood karena mematahkan keadaan mengenai hak perempuan. Selama ini, Anda mungkin melihat bahwa sebuah film menempatkan wanita hanya sebagai unsur penghibur. Tetapi Sridevi mematahkan keadaan tersebut dengan menunjukkan perannya dalam beberapa film sebagai wanita yang berani bertindak. Itulah mengapa Sridevi dianggap menjadi bintang besar yang pernah ada di India.

Dewi industri film Bollywood ini mengawali karier di industri hiburan Bollywood sejak berusia empat tahun. Selama 54 tahun aktris senior Bollywood ini sudah memainkan kurang lebih 300 film. Berkat pengabdiannya terhadap industri perfilman, Sridevi dianugerahi beberapa penghargaan dan salah satunya ialah Padma Shri di tahun 2013. Dilansir dari CNNIndonesia, Padma Shri adalah penghormatan sipil tertinggi ke-empat di India atas kontribusi seseorang terhadap masyarakat India.

Penghargaan lain yang pernah beliau terima adalah penghargaan Filmfare Best Actress Awards berturut-turut melalui empat film yang diperankannya. Sridevi bermain pertama kali dalam film bertajuk Solva Sawan tahun 1979.  Ia menjadi pemeran utama dalam film Bollywood pertamanya yaitu Meendum Kokilatahun 1981. Film Nagina yang pernah diperankannya di tahun 1986 sempat populer di Indonesia masa awal 1990-an. Sridevi pernah beristirahat dari industri film setelah menikah dengan produser Boney Kapoor di tahun 1996. 

Sridevi kembali ke dunia perfilman Bollywood di tahun 2012. Kala itu, ia berperan sebagai ibu rumah tangga yang menjalani kursus bahasa Inggris. Film English Vinglish dengan genre drama komedi ini menjadi salah satu box office Bollywood yang mencapai jutaan penonton. Film terakhir yang menjadi ukiran sejarah Sridevi dirilis tahun 2017 berjudul MOM. Dalam debutnya terakhir kali, beliau  berperan sebagai seorang ibu yang membalaskan dendamnya kepada pria yang memperkosa sang putri.

Selamat jalan veteran sekaligus aktris terbaik Bollywood. Segala karya yang telah beliau ukir akan menjadi memori bagi industri perfilman India dan dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline