Lihat ke Halaman Asli

Bobroknya Hukum Di Indonesia

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penegakan Hukum di Indonesia yang kian merosot, yaitu hari lepas hari Sistem Hukum di Indonesia semakin bobrok. Bukannya mengalami kemajuan justru semakin melemah dan tidak tegas dalam menangani masalah yang ada.

Seperti yang terjadi di Kapuk, Cengkareng - Sabtu (1/11) pada pukul 23.30 WIB Segerombolan anak muda menyerang, mengeroyok orang-orang yang sedang mengobrol di depan studio music di jalan perternakan 3, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. Awalnya beberapa anak muda itu tidak senang ketika mereka sedang adu mulut, ada seorang yang berkata “jangan ribut disini”. Karena emosi dan tidak menerima perkataan orang warga setempat tersebut, satu anak muda yang bernama jordan membawa gerombolan temannya untuk menyerang orang tersebut. Tetapi, segerombolan orang tersebut salah sasaran.

Akibatnya, Marsono(26) yang sedang duduk di depan studio music harus di rawat di RSUD Cengkareng karena mengalami luka-luka tusukan celurit, pukulan balok, hanteman botol kaca akibat pengeroyokan yang dilakukan oleh segerombolan orang yang lebih dari 15 orang. Dan bukan hanya Marsono yang menjadi korban pengeroyokan tetapi Ridwan(19) yang berusaha menolongi Marsono dari pengeroyokan tersebut juga mengalami luka dibagian punggung akibat tusukan senjata tajam (celurit) .

Begitu membabi buta tindakan mereka, padahal Marsono dan Ridwan tidak membuat onar, ataupun masalah dengan segerombolan anak muda tersebut. Anak muda tersebut telah terhasut, terpengaruhi oleh minuman keras serta obat-obatan terlarang yang membuat mereka berani bertindak yaitu mengeroyok orang seperti mengeroyok tersangka maling motor ataupun tersangka pelecehan seksual.

Ketika kejadian itu Ridwan langsung melapor ke pos polisi di daerah kapuk, pihak polisi terjun ke lokasi. Dan tidak jauh dari TKP(Tempat Kejadiaan Perkara) polisi berhasil meringkus anak-anak muda yang melakukan pengeroyokan tersebut. 3 orang tersangka pengeroyokan berhasil di tangkap. Polisi berhasil meringkus barang bukti berupa senjata tajam beberapa celurit yang digunakan untuk aksi pengeroyokan, hp, 5 sepeda motor yang mereka gunakan.

Teguh CS mendekam di kantor polisi polsek cengkareng, tetapi beberapa hari kemudian 2 orang teman teguh berhasil menghirup udara segar. Begitu tidak tegasnya hukum dan peradilan di Indonesia. Para pelaku kejahatan dengan mudahnya dibebaskan berkeliaran di sekitar kita, tanpa ditindak lanjutin lagi dan padahal semua pelaku tersebut belum tertangkap.

Dengan mudahnya Kepolisian Cengkareng membebaskan mereka, mereka bebas karena pihak orang tua tersangka melakukan perdamaian dengan polisi. Seharusnya pihak kepolisian harus tegas, dan tidak semudah itu membebaskan mereka. Padahal gerombolan anak muda tersebut sudah melakukan pengeroyokan dengan senjata tajam, serta hingga ada 2 orang korban luka-luka akibat pukulan, tusukan di bagian tangan, leher, ketiak yang di tusuk dengan celurit.Begitu bobroknya hukum di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline