Lihat ke Halaman Asli

Yosef MLHello

Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Pentingnya Evaluasi Kinerja Organisasi pada Akhir Tahun

Diperbarui: 14 November 2024   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Deken Malaka dan Ketua DPD Malaka memimpin evaluasi (dok.pribadi)

Pentingnya Evaluasi Kinerja Organisasi Pada Akhir Tahun

Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting bagaimana kamu menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi. (Chairul Tanjung: Pengusaha dan Menteri).

Evaluasi program kerja organisasi pada akhir tahun itu penting bukan hanya untuk mengetahui kegagalan dan keberhasilan yang dicapai sepanjang tahun, tetapi terutama untuk mengukur sejauhmana kita telah melakukan sesuatu. 

Hidup adalah untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain. Di situlah eksistensi manusia diukur yang disebut dengan ukuran kinerja. 

Seperti dikatakan Pengusaha dan Menteri, Chairul Tanjung, evaluasi itu penting  bukan hanya untuk melihat keberhasilan, tetapi dengan melakukan evaluasi dapat membuat kita bangkit dari kegagalan demi kegagalan. Justru dari kegagalan itu membuat kita bangkit dan bangkit lagi.

Melakukan evaluasi kinerja bersama umat (dok.pribadi)

Apa dan Mengapa Evaluasi Penting?

Eval Community mendefinisikan evaluasi adalah proses memeriksa kinerja suatu organisasi, program, proyek, kebijakan, atau intervensi lainnya untuk menentukan relevansinya, kecukupannya, efektivitasnya, efisiensinya, dan kemajuannya guna mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam suatu lembaga atau organisasi.

Evaluasi program kerja atau evaluasi kinerja dalam suatu organisasi atau lembaga sesungguhnya sangat penting. Menurut Sukino, dalam puskopcuina.com, evaluasi itu penting sebab bertujuan untuk:

Satu,  menilai sejauhmana program kerja selama satu tahun berjalan berkontribusi terhadap berbagai perubahan yang terjadi dalam organisasi atau lembaga.

Dua, menilai perlunya kebutuhan untuk melakukan perbaikan, kelanjutan, atau perluasan terhadap program kerja kita selama setahun.

Tiga, mengkaji sejauhmana adanya kesesuaian antara kegiatan-kegiatan yang telah kita lakukan dengan perencanaan selama satu tahun berjalan itu.

Empat, mengidentifikasi segala macam masalah yang kita temui dalam pelaksanaan kegiatan selama setahun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline