Lihat ke Halaman Asli

Yosef MLHello

Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Dinamika Keluarga Masa Kini di Tengah Gempuran Media Sosial

Diperbarui: 5 Agustus 2024   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi media sosial dan anak/sumber: kumparan

Pada sebuah kartu ucapan terdapat tulisan menarik yang berbunyi sebagai berikut:

Keluarga... 

Tak  memiliki semuanya di dunia ini agar hidupmu bahagia, cukup syukuri apa dan siapa yang ada bersamamu saat ini. Mungkin tak sempurna, tapi keluarga tetaplah keluarga di mana cinta selalu ada. 

Pada akhirnya bukanlah soal rumah atau harta, tapi siapa yang ada bersamamu didalamnya... (Anonim).

Melalui blog.https://health.grid.id, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pernah menyampaikan hasil penelitian dari UNESCO yang menyimpulkan bahwa 4 dari 10 orang Indonesia umumnya aktif di media sosial seperti Facebook yang memiliki 3,3 juta pengguna, lalu WhatsApp dengan jumlah 2,9 juta pengguna dan lain-lain.

Untuk itu kita patut mengajukan pertanyaan: "apa yang terjadi dengan keluarga-keluarga yang hadir di tengah gempuran media sosial dewasa ini?"

Jangan menutup mata terhadap pengaruh media sosial.  Kasus kekejaman diinspirasikan oleh Slender Man yang terjadi di Skotlandia pada tahun 2019. Pelakunya adalah seorang remaja laki-laki berumur 16 tahun yang memperkosa dan membunuh seorang gadis berusia 6 tahun. 

Sungguh sesuatu yang sangat keji dilakukan oleh seorang anak dalam kehidupan nyata akibat pengaruh media yang menimbulkan perilaku copypaste anak pada media sosial (Dian Wisnuwardhani, M.Psi, Psikolog, UI).

Kasus di atas hanyalah satu dari sekian banyak kasus yang dialami oleh anak-anak dan remaja dalam keluarga dewasa ini.

***

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari seorang bapak atau ayah sebagai kepala keluarga, seorang ibu dan beberapa anggota yang berkumpul dan saling berinteraksi dalam sebuah rumah tangga.

Dalam interaksi dan saling memiliki ketergantungan antara orang tua dan anak dan sebaliknya, dewasa ini tidak bisa dihindarkan dari apa yang dinamakan media sosial atau Sosial media.

Media sosial (sosial media) adalah sebuah media yang berfungsi sosialisasi yang dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Nilai Positif dari Media Sosial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline