Lihat ke Halaman Asli

Yosef MLHello

Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Hobi Sebagai Kesenangan Istimewa yang Bisa Menghidupi Diri dan Keluarga

Diperbarui: 20 Juli 2024   22:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Menulis sebagai Hobi/Suara.com

Pengertian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hobi memiliki arti sebagai kegemaran, atau kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Misalnya melukis itu sebagai hobi saja, bukan sebagai mata pencahariannya (hlm. 605).

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda sesuai dengan minat atau ketertarikan pribadi masing-masing terhadap sesuatu hal dan tentu saja sesuai dengan kepribadiannya.

Meskipun hobi sesuai artinya bukanlah pekerjaan utama melainkan kesenangan untuk mengisi waktu luang, namun tidak sedikit orang yang menjadikan hobinya itu sebagai sumber penghasilan utama.

Misalnya seseorang yang mempunyai hobi bermain musik, apabila menekuninya dengan sungguh-sungguh, maka pada suatu saat musiknya akan diterima oleh masyarakat luas. Lama kelamaan hobinya itu akan menjadi profesinya. Dan bukan tidak mungkin dapat menghasilkan uang. Karena itu, sering muncul pernyataan bahwa pekerjaan yang terbaik adalah hobi yang dibayar.

Iya ya. Orang bisa menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya dengan hobinya.

Manfaat Hobi bagi Kehidupan 

Menyalurkan hobi dengan baik akan memberikan penyegaran pikiran dan melepaskan penat. Selain itu, hobi juga mempunyai banyak manfaat lainnya.

Menurut para bijak bestari, melakukan hobi dengan teratur di sela-sela kesibukan akan berdampak baik juga terhadap kesehatan seseorang.

Seperti yang dirilis dalam greatdayhr.com, ada sekurang-kurangnya lima (5) manfaat hobi bagi kehidupan seseorang. Mari kita ikuti uraiannya sebagai berikut:

1) Memberikan waktu untuk jeda atau pause sejenak di tengah-tengah rutinitas

Dengan menjalankan dan menikmati hobi, seseorang akan berhenti sejenak di tengah-tengah rutinitas untuk sekedar melepas lelah. Misalnya seseorang yang memiliki hobi menulis, maka dengan menulis, ia dapat berhenti dari rutinitasnya, dan menikmati hobinya sendiri. Jadi dengan melakukan hobi, seseorang akan memiliki waktu untuk rehat sejenak dari penatnya pekerjaan dan rutinitas yang membosankan. Selain itu, dapat mengisi ulang energi dan motivasi sehingga dapat terhindar dari stress yang berkepanjangan.

2) Meningkatkan Semangat dan Energi Positif

Dengan menjalankan hobi dapat memacu semangat seseorang untuk menjalani kehidupan ini dengan lebih sukacita dan menyenangkan. Selain itu, hobi juga memberikan tantangan yang dapat menstimulasi hormon-hormon dan energi positif di dalam diri seseorang. Maka dengan melakukan hobi, seseorang akan memiliki semangat untuk maju dan lebih siap untuk menghadapi segala permasalahan dalam hidup ini.

3) Mengembangkan Kemampuan Sosialisasi Diri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline