Lihat ke Halaman Asli

Yosef MLHello

Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Apa yang Mendorong Seorang Imam Katolik Berkanjang dalam Panggilannya

Diperbarui: 14 Oktober 2023   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Engkaulah imam hingga kekal (Sumber: Tempus Dei)

Hanya Kristuslah Imam yang sejati, yang lainnya hanyalah pembantu-pembantu-Nya                                

(Santo Thomas Aquinas: 1225-1274)

Pada hari-hari dalam minggu selama bulan Oktober ini, penulis telah mendapatkan undangan dan mengikuti kegiatan yang super banget yaitu pentahbisan imam; dan perayaan syukur Perak dan Pancawindu Imamat dari beberapa orang imam Katolik. 

Untuk itu sebagai seorang Kompasianer yang beragama Katolik, saya hendak menuliskan di sini sebuah topik khas bukan pilihan Kompasianer, tetapi sebagai sharing sekaligus informasi kepada para Kompasianer dan pembaca untuk mengenal dan mengetahui eksistensi seorang Imam Katolik dalam kancah pergaulan dunia.

Saya terdorong untuk menuliskan topik ini karena memang belum banyak tulisan mengenal hal yang satu ini. 

Selain itu, penulis juga mau memberikan informasi yang benar, mengapa seorang imam Katolik itu tidak kawin atau tidak punya istri; harus hidup sederhana, taat pada atasan, dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

Siapa Itu Imam Katolik

Menurut KBBI (hal. 630), pada arti ke-6 di sana dikatakan imam (Kat) adalah pastor yang mempersembahkan kurban misa atau memimpin upacara di gereja. 

Ya itu sebuah tugas imam yang utama sebagaimana  dikatakan bahwa tugas seorang imam adalah menerima persembahan dari umat dan menghaturkannya kepada Tuhan.

Seorang imam menerima jabatan imamat melalui  suatu upacara penahbisan yang disebut Sakramen Imamat atau Sakramen Penahbisan.

Menurut Kompendium Katekismus Gereja Katolik nomor 323 dikatakan 'melalui rahmat khusus Roh Kudus (tahbisan), sakramen Imamat membuat orang yang ditahbiskan mampu melaksanakan kuasa suci atas nama dan dengan wewenang Kristus untuk pelayanan umat Allah'. 

Siapakah yang berhak menjadi imam?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline