Lihat ke Halaman Asli

Yosef MLHello

Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Menjadi Fasilitator yang Handal, Terampil dan Kreatif

Diperbarui: 7 Agustus 2023   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama para peserta diklat fasilitator Kitab Suci Regio Nusra, Emaus, 2-6 Agustus 2023 (Dok. panitia)

Salah satu keluhan abadi yang selalu muncul dalam setiap kali evaluasi karya pastoral adalah kurangnya fasilitator yang mampu menjalankan tugas dengan baik di tengah masyarakat. 

Untuk menjawab persoalan tersebut, Delegatus Kitab Suci Regio Nusa Tenggara (Nusra) menyelenggarakan kegiatan "Diklat Fasilitator Kitab Suci" yang melibatkan utusan-utusan dari Keuskupan-keuskupan se-Regio Nusra. 

Kegiatan diklat itu berlangsung pada hari Rabu, 02 s.d. Minggu,06 Agustus 2023 bertempat di Emaus Pastoral Center, Atambua, Kabupaten Belu.

Tujuan dari kegiatan diklat ini selain untuk menjawab persoalan seputar kurang trampilnya para fasilitator Kitab Suci selama ini, juga untuk menambah barisan sukarelawan pastoral Kitab Suci di paroki-paroki se-keuskupan Atambua.

Untuk itu pada diklat yang difasilitasi oleh Lembaga Biblika Indonesia (LBI) ini, diikuti 12 orang peserta dari keuskupan-keuskupan Nusra, dan sebagian besar peserta lainnya berasal dari paroki-paroki dalam wilayah keuskupan Atambua.

Keuskupan Atambua sendiri meliputi 4 (empat) dekenat yaitu Dekenat Belu Utara; Dekenat Malaka; Dekenat Kefamenanu; dan Dekenat Mena.

Suasana pertemuan dalam kelompok (Dok. panitia)

Fasilitator utama diklat ini adalah Pastor Petrus Chrisologus Dhogo, S.Fil. Lic.Theo.Bibl., Wakil Ketua Lembaga Biblika Indonesia. 

Perlu diketahui bahwa Lembaga Biblika Indonesia atau biasa disingkat LBI adalah sebuah lembaga milik Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang berkecimpung dalam bidang studi, publikasi, kerasulan, dan distribusi Alkitab bagi seluruh umat Katolik di Indonesia.

Pastor Petrus Chrissologus Dhogo sendiri adalah anggota Serikat Sabda Allah, yang selain sebagai wakil ketua LBI, juga adalah Dosen Kitab Suci pada STFK Ledalero, Maumere, Flores.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline