Lihat ke Halaman Asli

Yosef MLHello

Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Kehadiran Koperasi Simpan Pinjam Menjawab Kebutuhan Masyarakat Kecil di Perbatasan

Diperbarui: 17 Juli 2023   12:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi petugas koperasi melayani anggota koperasi mengurus berbagai keperluan. Foto: KOMPAS.id/IRMA TAMBUNAN

Pengantar dan data

Berbicara tentang Koperasi di Indonesia tidak bisa terlepas dari peran Proklamator RI yang dikenal juga sebagai Bapak Koperasi Indonesia yaitu Drs. Mohammat Hatta. Beliau merupakan peletak dasar-dasar Koperasi di tanah air kita Indonesia tercinta.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah Koperasi di Indonesia pada tahun 2020 sebanyak 127.124 unit dan pada tahun 2021 meningkat menjadi 127.846 unit. Itu berarti ada kenaikan jumlah 0,56% dari tahun sebelumnya.

Catatan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) RI menunjukkan bahwa peningkatan jumlah koperasi terjadi di Indonesia pada saat pandemi Covid-19.

Kiranya catatan itu dapat dimaklumi karena ketika dunia dilanda covid-19 di mana bank-bank milik pemerintah menerapkan WFH dan bahkan menutup kantor, hanya ada koperasi-koperasi simpan pinjam yang tetap bertahan melayani kebutuhan masyarakat kecil terutama anggota-anggotanya.

Menarik bahwa dalam data yang dirilis Kemenkop UKM, justru peningkatan jumlah Koperasi yang drastis terjadi di Pulau Jawa, khususnya di Propinsi Jawa Barat sebanyak 16.151 unit koperasi; Propinsi Jawa Timur sebanyak 14.777 unit; dan Jawa Tengah sebanyak 12.829 unit.

Sementara itu di propinsi-propinsi di luar Jawa, jumlahnya tidak terlalu signifikan. Hal ini bisa juga diterima karena memang jumlah penduduk terbesar Indonesia ada di Pulau Jawa, termasuk ketiga propinsi tersebut.

Koperasi Kredit CU Kasih Sejahtera Atambua, Nusa Tenggara Timur

Dalam tulisan ini, penulis hendak mengangkat peranan koperasi kredit di Nusa Tenggara Timur, khususnya di tiga Kabupaten di Pulau Timor yaitu Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, dan Kabupaten Timor Tengah Utara, yang tergabung dalam wilayah gerejani Keuskupan Atambua.

Gedung Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera Atambua (dok.CU Kasih Sejahtera)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline