Lihat ke Halaman Asli

Yosef MLHello

Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Siapakah Capres yang Bakal Jadi RI 1 2024?

Diperbarui: 28 Februari 2022   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Gong Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI pada 2024 sudah ditabuh. Perhelatan politik lima tahunan sebentar lagi akan dimulai. Tanggalnya pun sudah dipastikan 14 Februari 2024. Berbagai lembaga survey sudah bermunculan. Tandanya suksesi makin dekat.

Nama-nama capres 2024 makin banyak diperkenalkan kepada publik. Sebagian besar adalah ketua umum partai politik. Masing-masing kelompok masyarakat dan partai menjagokan capresnya. Ibarat kuda pacu yang sedang dielus-elus dan siap-siap untuk maju ke medan laga.

Lembaga-lembaga survey independen mulai memunculkan nama-nama calon terkuat dari putera-puteri terbaik Indonesia. Litbang Kompas juga telah melakukan survey yang sama untuk mengukur elektabilitas para capres sejauhmana mereka mampu mengambil hati rakyat Indonesia untuk memilih mereka pada Februari 2024 itu.

Ada 13 nama yang lolos dalam survey Litbang Kompas. Ada 2 sosok perempuan dan 11 lelaki tulen. Akankah kelak yang muncul sebagai capres dan cawapres itu datang dari kedua kelompok laki-laki dan perempuan? Misalnya dari mereka akhirnya muncul capres laki-laki dan cawapresnya perempuan? 

Mari kita lihat satu persatu nama tokoh yang muncul dari survey Litbang Kompas itu.

1.  Prabowo Subianto, yang kini menjabat Menteri Pertahanan RI. Sudah beberapa kali muncul sebagai capres namun tidak berhasil.      Dalam survey ini ia menduduki tempat teratas. Akankah ia tetap menempati urutan teratas itu? Kita lihat saja nanti pada tanggal mainnya 14 Februari 2024.

2.  Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang masih aktif hingga saat ini.  Beliau menempati urutan kedua dalam survey elektabilitas itu.

3.  Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dan mantan Menteri Pendidikan Indonesia pada periode pertama kepemimpinan Presiden Jokowi. Dalam penelitian ini beliau selalu menduduki nomor urut ketiga.

4. Salahuddin Sandiaga Uno, saat ini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pada Pilpres yang lalu berpasangan dengan Prabowo Subianto, namun gagal. Kali ini dalam survey ia menduduki naomor keempat.

5. Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat, putera mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Ia menduduki peringkat kelima.

6.  Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan Gubernur DKI Jakarta menjadi tokoh fenomenal itu dalam survey ini menduduki urutan ke-6.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline