Lihat ke Halaman Asli

Yosef MLHello

Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Mengubah Kebiasaan Menuju Perubahan Pola Hidup

Diperbarui: 24 November 2021   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kekuatan Cerita

Pastor Yosef Lalu, Pr pernah berkisah. Ada seorang Rabi (=Guru Agama/Katekis Yahudi) yang sudah tua. Dia terpaksa berbaring saja di tempat tidurnya karena lumpuh. Rabi itu terkenal karena dia merupakan satu-satunya murid yang masih hidup dari seorang guru yang pada zamannya mempunyai kewibawaan yang sangat luar biasa. Rabi itu sering dikunjungi oleh pengikut-pengikutnya.

Pada suatu hari ada seorang murid yang minta kepadanya, supaya dia bercerita mengenai gurunya dahulu. Mendengar permintaan itu mata sang rabi berseri-seri. Kemudian dia mulai bercerita: "Guru saya dulu tidak seperti guru-guru yang ada sekarang ini. Segala yang dia ajarkan sungguh-sungguh dihayatinya. Bahkan kalau dia berdoa, dia sedemikian bersemangat, sehingga dia meloncat-loncat dan menari-nari." Dan tanpa sadar rabi yang lumpuh itu berdiri di tempat tidurnya sambil meniru-niru cara gurunya dulu berdoa. Dia juga meloncat-loncat dan menari-nari. Dan terjadilah. Mulai saat itu dia pun sembuh.

Itulah kekuatan cerita. Penulis sendiri juga mempunyai keyakinan itu. Maka setiap cerita dan kisah dalam buku ini dikemas dengan menarik agar membantu pembaca bisa menemukan makna dan power-nya menghadapi galaunya hidup ini.  Sekali lagi kukatakan padamu, "bacalah dan bacalah" dan temukanlah pesan perubahan di dalamnya.

Pesan di balik kisah

Dalam ilmu sosiologi dikenal adanya perubahan sosial budaya dalam kehidupan manusia. Perubahan itu terkadang cepat yang disebut revolusi, namun ada juga perubahan yang lambat yang disebut evolusi. Perubahan itu bersifat konstans seiring perkembangan dan kemajuan zaman. Biarpun mungkin kita tidak menghendakinya, namun mau tak mau perubahan itu pasti terjadi. Perubahan kehidupan manusia senantiasa bervariasi. Ada yang disebabkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, ada juga yang disebabkan oleh perkembangan yang kecil saja dari suatu hal. Katakan saja melalui membaca sebuah kisah hidup seorang kudus atau enterpreuner yang sukses dapat membawa perubahan dalam hidup orang yang membaca kisah itu.

Melalui cara hidup orang yang dikisahkan dalam cerita itu seseorang akan memilih untuk menyesuaikan dirinya. Ada banyak contoh orang yang berubah hidupnya hanya karena membaca kisah pengalaman hidup orang lain. Karena itu bahkan orang sampai mengambil keputusan untuk tidak membaca buku tertentu karena takut dirinya diubah. Salah satu diantaranya adalah Alkitab. Banyak orang Kristen yang tidak mau membaca Alkitab karena takut diubah oleh ajaran-ajaran suci yang ada di dalam Kitab Suci. Tetapi anehnya, Mahatma Gandhi, seorang yang bukan Kristen, namun merasa sangat tertarik dengan ajaran-ajaran dalam Alkitab. Bahkan Dietrich Bonhoeffer dengan penuh keyakinan akan peran yang mengubah dari Kitab Suci berkata: "Aku yakin bahwa Alkitab sendiri adalah jawaban untuk semua pertanyaan kita dan kita hanya perlu dengan tekun dan rendah hati memohon jawaban darinya".

Kembali ke kisah awal. Tuntutan perubahan memaksa kita untuk mengambil sikap. "Hidup sudah susah, jangan dibuat tambah susah lagi". Merepotkan diri dengan perkara-perkara yang pelik akan membuat Anda cepat tua dan bosan dengan hidup. Kalau Anda tidak mampu membaca dan mencerna tulisan-tulisan yang berat, saat ini di tangan Anda sebuah buku inspiratif yang mudah dicerna karena berisi kisah-kisah indah dan menarik, namun berdaya merubah kehidupan Anda. Karenanya penulis mengajak Anda untuk belajar menghadapi perubahan sekecil apapun melalui kisah-kisah kecil, sederhana dan belajar dari spiritualitas remah-remah kehidupan.  Terima kasih, Anda selesai membaca kisah-kisah ini. ANDA TELAH BERUBAH !

Atambua, 24 November 2021

 

 

 

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline