Lihat ke Halaman Asli

Yosea Permana

pegawai swasta

Drama Taat Ber-Vespa Tua

Diperbarui: 6 September 2023   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Milik Pribadi

Sulitnya, ribetnya dan 'mahalnya' ngurusin pajak Vespa Tua yang seharusnya murah.

"Nomor rangka tidak jelas = Meragukan"

"Nomor rangka jelas = Meragukan"

Jadi harus bagaimana???
Dua kali di tahun ini saya mengurus Cek Fisik Bantuan kedua Vespa Tua saya, yang mana suratnya lengkap (STNK dan BPKB), pajak tidak menunggak dan tidak ada perbedaan antara isi dokumen dan fisik Vespa, alias semuanya asli dan akurat atau biasa disebut juga akur atas bawah oleh para penjual Vespa. 

Dua kali juga saya harus merasakan kepahitan ini di Samsat yang sama di Jakarta.

'Obat' dari keraguan tersebut adalah 250 ribu Rupiah.

Tidak heran bila banyak Vespa Tua yang pajaknya mati. Kami yang seharusnya bayar hanya puluhan ribu Rupiah, dituntut bayar beratus-ratus ribu oleh oknum petugas agar Cek fisik yang kami jalani bisa mereka selesaikan. Bila kami tidak membayar, maka cek fisik pun tidak dilanjutkan (ACC).

Jujur saja, kami para pemilik Vespa Tua pun jadi timbul keinginan untuk tidak membayar pajak, akibat proses yang sungguh memakan hati ini.

Namun di sisi lain kami takut dosa dan bersalah akibat tidak membayar kewajiban pajak kami, tapi kami juga bingung karena kami juga sebenernya dan pastinya juga berdosa apabila kami harus menyogok atau mengikuti aturan pungli yang ada ini.

Tidak semua pemilik Vespa mampu membayar nominal yang oknum petugas ini minta. Dan tidak semestinya juga ada pungli dalam proses yang berlangsung ini.

Pada intinya ini semua bukan hanya sekedar karena nominal, tapi mengapa disaat kami mau taat dan mematuhi peraturan administrasi membayar pajak, malah dibuat sulit seperti ini?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline