Lihat ke Halaman Asli

Yoori

Selalu optimis dan melakukan yang terbaik.

Mengunjungi Peradaban Zaman Dahulu Kala - Museum Geologi Bandung

Diperbarui: 4 April 2023   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Bagi sebagian orang, melepas kepenatan dari segala rutinitas ialah dengan cara berlibur. Mengunjungi tempat-tempat wisata yang indah dan menarik, berjalan-jalan bersama orang terkasih ataupun juga sekedar ingin menghabiskan banyak waktu bersama keluarga tercinta dengan mengunjungi tempat dengan alamnya yang asri. Dari sekian banyak pilihan, museum merupakan salah satu tempat wisata yang patut untuk dikunjungi, tak hanya bisa menjadi tempat berlibur, museum juga memiliki keunggulan lain yaitu bisa mengenal banyak hal baru dari informasi yang disuguhkan.

Untuk yang sedang berada di Bandung atau berencana pergi ke Bandung, jangan lupa mengunjungi salah satu museum yang sangat menarik, yaitu Museum Geologi Bandung, yang berlokasi di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Selain menawarkan banyak koleksi terbaik terkait dengan sejarah peradaban dari berbagai zaman, tiket masuk museum ini pun sangat ramah dikantong.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Museum yang didirikan pada tahun 1929 ini terbagi menjadi beberapa ruangan di setiap lantainya. memiliki 2 lantai dengan lantai 1 yang berisi ruangan orientasi yang memperlihatkan berbagai kegiatan geologi dalam bentuk animasi, ruang sayap barat dengan berbagai informasi terbentuknya bumi rungan ini juga disebut dengan Ruang Geologi Indonesia, dan ruang sayap timur yang berisi sejarah makhluk hidup dari zaman purba hingga modern.

Lantai 2 museum ini terbagi beberapa ruang, yang dimulai dari ruang tengah dengan suguhan maket pertambangan emas Pegunungan di Papua dan juga berbagai contoh batuan dari Papua. Lalu menuju ruang timur yang menampilkan informasi dari gambaran geologi Indonesia.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Selama mengunjungi museum, kita akan mendapatkan banyak sekali informasi yang dapat memperluas wawasan kita, dengan suguhan animasi dan berbagai fosil juga artefak yang dipamerkan di dalamnya. Dapat menjadi tujuan yang bagus bagi kalian yang sedang ingin pergi ke tempat dengan suasana yang berbeda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline