Lihat ke Halaman Asli

Yordan NurFirdaus

for have fun

Kampung Tempe Legendaris Tangerang

Diperbarui: 18 Maret 2020   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Kampung Tempe
Seperti di RT 03 RW 02 Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci Di sini tempat kampong Tempe. Lurah Koang Jaya, Sebanyak 40 Kepala Keluarga di kampung tempe telah mengembangkan usaha pembuatan tempe. Melalui program kampung Tempe akan dilakukan pembinaan dari pemerintah tangerang.
Kampung tempe sudah lama berjalan karena disitu awalnya masyarakat pendatang tapi sekarang mereka sudah menjadi warga asli karena sudah memiliki anak cucu yang lahir dan besar disana dan akan menjadi turun menurun.
Omset perajin tempe memang sangat menjanjikan. Seperti yang diungkapkan, Suharti warga setempat yang sudah menjadi perajin tempe sejak awalnya terbentuk kampong tempe.
Dia (Suharti) menerangkan dalam sehari menghabiskan 1 kuintal kacang kedelai yang dapat menghasilkan puluhan papan tempe berukuran 2 meter. Tempe yang diproduksi dipasarkan ke berbagai pasar di Kota Tangerang diantaranya Pasar Malabar, Pasar Gebang, dan Pasar Anyar.
Kami harap jangkauan pemasaran produksi tempe di Kampung tempe dapat semakin luas bahkan bisa masuk ke toko modern," ucapnya.(Suharti).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline