Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Program Berdampak pada Murid

Diperbarui: 24 Maret 2023   20:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 PROGRAM BERDAMPAK PADA MURID


Pada modui penutup ini, saya menggunakan model 4F ( Fact, Feeling, Findings, Future) merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Dalam model rfleksi 4F ini dapat diterjemahkan menjadi 4P yang terdiri dari Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan. Pada modul 3.3 yang saya dapatkan dalam mempelajari modul ini yaitu materi pengelolaan program yang berdampak pada murid.

1. Facts (Peristiwa)

Pembelajaran modul 3.3 merupakan modul yang membahas tentang pemimpin dalam pengelolan program yang berdampak pada murid. Modul ini merupakan paket modul terakhir pembelajaran Calon guru penggerak Angkatan ke 6 Kabupaten Padang Pariaman melalui LMS.

Kegiatan alur MERDEKA dimulai pada 28 Februari  sampai 02 Maret 2023 untuk alur  "Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep secara mandiri", terselip due date Koneksi antar materi Modul 3.2 yang saat itu baru rampung di H-1, dilanjutkan forum diskusi eksplorasi konsep pada 03-06 Maret 2023 , dilanjutkan ruang kolaborasi dari 07-08 Maret 2023 bersama rekan rekan CGP dipandu oleh fasilitator Bapak Sunarto Jeneponto, kemudian berlanjut dengan Refleksi Terbimbing dan Demonstrasi Kontekstual. 

Demonstrasi kontekstual merupakan rancangan program yang berdampak pada murid dengan menggunakan pemenuhan tahapan BAGJA  pada 09-10 Maret 2023 hingga kegiatan elaborasi via zoom pada 13 Maret 2023.

BAGJA merupakan singkatan dari buat pertanyaan, ambil pelajaran, gali mimpi jabarakan rencana dan atur eksekusi. Setelah penyelesaian demonstrasi kontekstual, selanjutnya kami CGP Angkatan ke 6 Kabupaten Padang Pariaman menggambarkan kaitan antar materi dalam modul 3.3 yang biasa kami sebut dengan istilah koneksi antar materi. Koneksi ini berisikan tentang penjelasan judul latar belakang serta keterkaitan dengan modul sebelumnya. Keterkaitan dengan materi sebelumnya adalah pemetaan sumber daya dengan program sekolah.

2. Feelings (Perasaan)

Yang saya rasakan pada minggu ini adalah minggu yang membahagiakan sekaligus mengharukan. Membahagiakan karena meskipun banyak tugas yang harus saya kerjakan, dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan walau dalam keadaan kurang sehat. Alhamdulillah... Jika pikiran diibaratkan sebuah gelas, berusaha saya kosongkan supaya saya bisa menerima ilmu yang saya pelajari dari PGP ini. Saya berupaya akan adanya perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah mengikuti PGP karena tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah luar biasa yaitu untuk mengimplementasikan Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. 

Adapun hal yang mengharukan adalah pada minggu ini merupakan vicon terakhir dengan Fasilitator hebat dan super keren, alim serta sabar dan juga sangat telaten membimbing kami dalam mengerjakan tugas-tugas di LMS, bahkan beliau sangat membantu banyak hal dalam proses ini. 

Beliau adalah Bapak Sunarto Jeneponto. Meskipun kami belum pernah bertemu dengan beliaunya secara langsung, akan tetapi kedekatan rasa persaudaraan antara Fasilitator dan semua CGP di kelas kami terasa mendalam. Semoga suatu saat nanti kami para CGP dari Kabupaten Padang Pariaman dipertemukan dengan beliaunya secara langsung dalam keadaan sehat walafiat, Aamiin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline