Lihat ke Halaman Asli

Istimewanya Olahan dari Grontol Jagung Putih

Diperbarui: 17 November 2020   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Jagung merupakan tanaman pokok pengganti nasi yakni nomer dua dari bahan pokok makanan yang banyak di nikmati oleh masyarakat yang banyak diolah sebagai bahan makanan. Kandungan yang terdapat dari jagung putih menurut IDNmedis.com Info Gizi (Per 100 Gram) Jagung, putih yakni Jagung, putih mengandung 365 kalori : 82% dari Karbohidrat, 11% dari Lemak, 7% dari Protein.

Jagung putih dapat diolah sebagai makanan sederhana yang tidak kalah enak dengan makanan sekarang. Meskipun banyak kuliner  yang bermunculan pada masa sekarang yang lagi treen tetapi banyak masyarakat sekarang  yang mencari grontol jagung  putih sebagai makan favorit tradisional. Pecinta makanan grontol jagung putih  tetap mencarinya dipasar maupun di lestoran yang menyajikan menu tradisional dari olahan grontol jagung. Jajan lawas ini banyak di cari orang karena harganya yang relatif tidak perlu merogok uang terlalu dalam.

Banyak anak muda sekarang kurang mengenal makanan satu ini yakni grontol jagung  putih yang dibuat dari jagung putih . Banyak orang yang lebih tua menyebut makanan ini dengan sebutan  nama grontol, yang dibuat dari jagung putih yang dipipil dan diolah dengan cara di rendam selama sehari semalam dan kemudian dikukus dan  kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa yang diberikan sedikit garam untuk memberikan citra rasa asin, manis, dan terkobinasi dari gurihnya grontol jagung putih.

Bagaimana dengan nilkmatnya dari makanan ini ?

Rasanya memeng sederhana tetapi makanan ini sebagai alternatif pengganti nasi. Didalam grontol jagung putih  mempunyai tekstur yang lembut, dengan memberikan kreasi di jaman tren sekarang banyak lestoran berbintang yang  mengenalkan makanan ini dengan cara memberikan warna merah, hijau pada grontol jagung putih untuk lebih dikenal lagi oleh masyarakat,  dengan pewarna makanan yang aman bagi penikmat makanan grontol untuk menikmati makanan ini. Dan makanan grontol jagung putih banyak dipadukan dengan ketan hitam, lapis, gaplek untuk menambahkan kenikmatan pada saat memakan makanan grontol ini.

Manfat dari jagung grontol putih ? 

Merupakan makanan dari biji - bijan yang sangat baik diolah sebagai grontol jagung putih untuk mengatasi masalah pencernaan dan dapat sebagai makanan yang baik untuk proses penurunan berat badan yakni untuk diet untuk menjaga tubuh kita agar tetap bugar dan sehat. Manfaat lainnya yakni mampu mencegah dari resiko tekenanya penyakit diabetes.

Pada kandungan jagung putih terdapat kadar indeks glikemik rendah yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk menghilangkan penyakit ini. Dikarenakan banyak penderita diabetes harus membatasi mengkonsumsi karbohidrat agar tubuh dapat tetap sehat.

Jagung putih juga dapat memberikan manfaat untuk menurun berat badan dan juga dapat memberikan manfaat kepada orang  yang mengalami penyakit depresi, dikarenakan didalam jagung putih ini kaya akan vitamin B kompleks, karbohidrat komples, omega 3, setar zat - zat yang dibutuhkan untuk merangsang kinerja organ otak manusia.

Untuk itu dengan mengonsumsi jagung putih dengan rutin dapat mengurangi tikat depresi yang dialami pada seseorang. Namun pada penderita depresi ini bahwa jagung putih tidak bisa menyembuhkan secara langsung dengan  dibantu makanan lain yang kaya banyak nutrisi agar seimbang bagi tubuh untuk memberikan manfaat bagi orang yang  mengosumsi makan  grontol jagung putih  ini.

Grontol jagung putih  juga bermanfaat untuk mengurang penyakit kangker usus yang terjadi karena salah satunya pada sistem pencernaan manusia yang terganggu maupun tidak berfungsinya pencernaan dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline