Lihat ke Halaman Asli

yongkii cahya

Mahasiswa

Penggunaan Seragam Pakaian Tradisional sebagai Upaya Melestarikan dan Mengenalkan Kebudayaan Kepada Pelajar

Diperbarui: 22 Agustus 2024   01:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada era globalisasi seperti zaman sekarang, terjadi arus modernisasi yang masif dan menimbulkan berdampak yang signifikan kepada kehidupan masyarakat terutama remaja dan anak-anak. Keadaan dimana mereka lebih banyak menonton budaya luar negeri seperti penggunaan celana jeans, memakai rok mini dan hal-hal yang berbau modern lainnya. 

Sebenarnya tidak salah apabila mereka menggunakan pakaian seperti itu, tetapi yang menjadi masalah adalah mereka menggunakan pakaian tersebut sekaligus melupakan budaya berpakaian khas Indonesia seperti kebaya, blangkon, dan jarik. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran karena sebagai generasi bangsa yang kelak akan memimpin negeri ini mereka tidak mengetahui budaya mereka sendiri. Oleh karena itu sebagai upaya untuk mencegah hal tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pasal 3 Nomor 50 Tahun 2022 Tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam Permendikbudristek tersebut menyatakan terdapat tiga jenis seragam sekolah yang digunakan pada jenjang SD sampai SMA, meliputi pakaian seragam nasional, pakaian seragam pramuka, dan pakaian adat. Kemudian pasal 4 Permendikbudristek tersebut juga menyatakan bahwa mengenai seragam pakaian adat dikembalikan kepada wewenang pemerintah daerah. 

Contoh nyata adalah siswa SD Banjaran 5 Kota Kediri, mereka menggunakan baju adat pada perayaan Hari Kartini sambil menunggu juknis dari Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kota Kediri mengenai penggunaan baju adat oleh siswa jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Hal di atas merupakan sebuah solusi yang cukup baik untuk mengenalkan kebudayaan tradisional Indonesia kepada calon generasi bangsa. Akan tetapi hal tersebut masih belum cukup, diharapkan kedepannya para pelajar tidak hanya mengenakan baju adat tetapi juga mengetahui filosofi yang terkandung dalam pakaian adat tersebut, dan perbedaan-perbedaan yang terdapat pada pakaian adat di Indonesia.

REFERENSI:

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Pakaian Adat Jadi Salah Satu Pilihan Seragam Sekolah. Diakses 21 Agustus 2024, dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pakaian-adat-jadi-salah-satu-pilihan-seragam-sekolah

Asad, Muhamad, dkk. (2024). Pakai Baju Adat, Siswa SD di Kota Kediri Antusias Mengikuti Lomba. Diakses pada 21 Agustus 2024, dari https://radarkediri.jawapos.com/pendidikan/amp/784567435/pakai-baju-adat-siswa-sd-di-kota-kediri-antusias-mengikuti-lomba




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline